Jawa Pos

Berambisi Kembali ke Eropa

-

JAKARTA – Tiga medali emas dari SEA Games tidak membuat Hendro Tjap puas. Pemegang rekor SEA Games di nomor jalan cepat 20 km itu ingin yang lebih tinggi, yaitu medali Asian Games. Untuk memuluskan ambisinya tersebut, Hendro berencana kembali menjalani training camp ( TC) di Eropa.

Sebelumnya, dalam persiapan menuju SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Hendro berlatih di Universida­d Catolica San Antonio de Murcia (UCAM), Spanyol.

Untuk rencana Hendro menuju ke Eropa tahun ini, ada dua opsi yang tengah dia jajaki. Yakni, kembali ke Murcia dan Jerman. Di Murcia, Hendro berlatih bersama Miguel Angel Lopez, juara dunia jalan cepat 2015 nomor 20 km. ’’Saya mendapatka­n sambutan hangat di Murcia, bahkan Miguel kerap menjemput saya untuk berlatih,’’ ujarnya.

Namun, rencana TC di luar negeri itu saat ini terkendala masalah pendanaan. Maklum, saat memutuskan berlatih dan sekolah di Spanyol, dia memang menggunaka­n dana pribadi.

Apalagi, dia juga merampungk­an pendidikan ma najemen olahraga di UCAM. Hendro menje laskan paling lambat harus kembali ke Eropa awal 2018 mendatang. Itu juga dengan catatan dia mendapatka­n dukungan dana dari pemerintah. Berlatih di luar negeri, menurut dia, cukup ber pe ngaruh signifikan terhadap prestasiny­a.

Sementara itu, Sekjen PB PASI Tigor Tanjung menuturkan bahwa pihaknya sudah berkomunik­asi dengan tim pelatih di UCAM. Selanjutny­a, PB PASI akan mengundang yang bersangkut­an pada awal 2018. Keinginan Hendro berlatih di luar negeri juga menjadi perhatian timnya. ’’Akan kami pertimbang­kan dengan baik. Kalau memang berpotensi, akan kami upayakan,’’ jelasnya. (nap/c20/ady)

 ??  ?? HENDRA EKA/JAWA POS LANJUTKAN DOMINASI: Aksi Hendro Tjap saat meraih medali emas nomor jalan cepat 20 km pada SEA Games 2017 Malaysia.
HENDRA EKA/JAWA POS LANJUTKAN DOMINASI: Aksi Hendro Tjap saat meraih medali emas nomor jalan cepat 20 km pada SEA Games 2017 Malaysia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia