Jawa Pos

Polisi Ringkus Bandit Sadis

-

SURABAYA – Pasca penjambret­an yang berakhir tragis di Jalan Indrapura Rabu malam (16/11), polisi semakin mengintens­ifkan perburuan banditband­it yang biasa melakukan pencurian dengan kekerasan (curas). Kemarin polisi menangkap empat di antara enam bandit yang dikenal sebagai salah satu sindikat sadis di Surabaya.

Mereka adalah sindikat Ribut cs. Polisi juga menangkap tiga anggota Ribut. Yakni, Safiudin, Masrufiyan­to, dan Andri Sugiarto. Modus yang mereka gunakan sadis. Mereka langsung mengeroyok buruannya. Jika melawan, sindikat ini tak segansegan melukai korban,’’ ujar Wakasatres­krim Polrestabe­s Surabaya Kompol I Dewa Gede Juliana.

Sasaran mereka adalah sepeda motor. Jadi, mereka biasanya langsung memotong laju korban, kemudian menyudutka­nnya. Tanpa basa-basi, mereka langsung meminta motor korban. Tentu, mereka sambil menenteng senjata tajam.

Seperti biasa, setelah menjual hasil kejahatan, mereka biasanya dugem di salah satu kelab di Jalan Tidar yang disebut-sebut sebagai tempat mangkal para bandit dan residivis. Mereka berkumpul sekitar pukul 01.00. Tidak jarang, setelah mabuk, mereka kembali merencanak­an aksi. Jika dompet mereka mulai menipis, Ribut pasti memberikan inisiatif untuk hunting. Komplotan mereka terdiri atas enam orang yang berbeda. Dua di antaranya masih buron. Dua pria tersebut berinisial MLK dan ALD. Kebetulan waktu ditangkap mereka melarikan diri,’’ kata Dewa.

Ketika beraksi, mereka selalu berbonceng­an. Ribut berpasanga­n dengan Udin. Adapun Rufi berbonceng­an dengan Andre. Sementara itu, dua buron tersebut berada di dalam motor yang sama. Mereka tidak memiliki pasangan yang tentu. Jadi, mereka kadang selalu berubah formasi.

Bergantung mood saja sebenarnya,’’ ucap Dewa. (bin/c15/ano)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia