Jawa Pos

Gambar Damar Kurung Berbicara

-

GRESIK – Memahami filosofi lukisan damar kurung kini semakin mudah dan menyenangk­an. Ali Khoiron, mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universita­s Internasio­nal Semen Indonesia (UISI), membuat lukisan datar itu bisa bicara.

Remaja yang tinggal di Desa Suci, Manyar, tersebut menyulap lukisan damar kurung menjadi sebuah animasi yang bercerita. Melalui aplikasi komputer, dia menambahka­n unsur suara pada setiap babak cerita. Itu terlihat pada gambar seorang perempuan yang sedang menjajakan nasi krawu. Ketika diputar, warna pada gambar tersebut berkedip, lalu muncul suara, ” Sego krawu, sego krawu.”

Ali menjelaska­n, karya itu memang sengaja dibuat lucu. Sebab, tujuannya adalah mengenalka­n damar kurung kepada anak-anak. ”Kalau dibuat lebih dinamis dan bersuara, anak-anak jadi suka dan mudah mengerti,” ujarnya kemarin (19/11).

Mahasiswa semester V tersebut mengaku prihatin karena banyak anak yang tidak mengenal damar kurung. Padahal, lampion berbentuk persegi itu merupakan bagian dari kearifan lokal Kota Giri. ”Saya baru tahu damar kurung ketika duduk di bangku SMA,” tuturnya.

Ali pun tergerak untuk membuat terobosan agar damar kurung mudah dipahami dan dikenal anak-anak. Mengapa harus anak-anak? ”Karena daya ingat anak-anak lebih kuat. Mereka masih dalam masa keemasan,” terangnya. ( adi/c17/dio)

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? PELESTARIA­N BUDAYA LOKAL: Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universita­s Internasio­nal Semen Indonesia menonton hasil karya Ali Khoiron. Yakni, lukisan damar kurung berbentuk animasi dengan suara.
ADI WIJAYA/JAWA POS PELESTARIA­N BUDAYA LOKAL: Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universita­s Internasio­nal Semen Indonesia menonton hasil karya Ali Khoiron. Yakni, lukisan damar kurung berbentuk animasi dengan suara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia