Jawa Pos

Himbara Siapkan Layanan EDC Link

-

JAKARTA – Bank-bank BUMN (badan usaha milik negara) yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) terus mengonsoli­dasikan layanan mereka. Setelah layanan ATM Link, mereka bakal melakukan integrasi layanan EDC ( electronic data

melalui EDC Link. Ketua Himbara Maryono mengatakan bahwa konsolidas­i mesin EDC tersebut bertujuan meningkatk­an jumlah nasabah yang ada di empat bank. Yaitu Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Mandiri. ”Dari data kami, sebanyak 60 persen debit card holder yang ada di Indonesia milik Himbara,” katanya kemarin (20/11).

Total mesin EDC milik Himbara mencapai 420 ribu. Yang paling banyak berasal dari Bank Mandiri, yakni mencapai 200 ribu mesin. Disusul BRI dengan 120 ribu unit dan BNI dengan 100 ribu mesin.

Hingga akhir tahun, ditargetka­n 50 ribu EDC milik Himbara dapat bergabung dalam EDC Link untuk melayani transaksi nontunai. Sedangkan untuk ATM, diharapkan 30 ribu unit bisa tergabung dalam ATM Link. Maryono berharap konsolidas­i tersebut semakin meningkatk­an penetrasi penggunaan EDC di masyarakat.

Selain itu, konsolidas­i tersebut diharapkan mampu menampung lebih banyak dana masyarakat di Himbara. ”Dari segi investasi pun menurun. Sebab, investasin­ya hanya satu, bukan lagi tiga,” jelasnya.

Sebagai langkah awal, pihaknya bekerja sama dengan beberapa perusahaan BUMN untuk penggunaan EDC Link di merchant mereka. Enam merchant pertama adalah PT Kereta Api Indonesia, PT Pos Indonesia, PT Pegadaian, PT Kimia Farma Tbk, Telkom Indonesia, dan PT Pertamina Retail.

Pemerintah melalui Kementeria­n BUMN merencanak­an integrasi EDC dengan ATM per Januari 2018. Setelah itu, kerja sama akan terus diperluas ke beberapa BUMN lain.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Jasa Konsultasi Kementeria­n BUMN Gatot Trihargo mengatakan, saat ini integrasi ATM dan EDC bankbank BUMN masih terus dilakukan. ”Dengan kerja sama keempat bank Himbara, diharapkan bisa membuat konsumen merasa lebih praktis serta meningkatk­an efisiensi dalam hal operasiona­l,” paparnya. (vir/c11/fal)

 ??  ?? capture)
capture)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia