Jawa Pos

Dimitrov Tiga Besar Dunia

-

LONDON – Nama Grigor Dimitrov menghiasi headline seluruh media di Bulgaria. Petenis 26 tahun tersebut merengkuh gelar tertinggi sepanjang karirnya, yakni juara ATP Finals di London, dini hari kemarin. Setelah melalui pertarunga­n alot tiga set, Dimitrov menaklukka­n David Goffin 7-5, 4-6, dan 6-3.

Sejak Dimitrov lolos ke turnamen yang hanya diikuti delapan petenis terbaik dunia itu, setiap pertanding­annya selalu ramai ditonton di tanah kelahirann­ya, Bulgaria. Tiga kanal televisi menyiarkan secara langsung pertanding­an Dimitrov tersebut, termasuk televisi pemerintah BNT1. Belum lagi streaming di sejumlah situs lokal Bulgaria.

Di ajang ATP Finals, Dimitrov tak terkalahka­n. Mulai persaingan di fase grup, semifinal, hingga babak puncak, petenis yang pernah menjalin kasih dengan Maria Sharapova itu hanya kehilangan tiga set dalam lima laga. ’’Dimitrov membawa air mata haru dan bahagia kepada ribuan orang Bulgaria yang menyaksika­n langsung di O2 Arena serta jutaan pasang mata yang menonton langsung di depan layar televisi,’’ tulis

Dimitrov berhak membawa pulang uang tunai USD 2,5 juta (Rp 33,8 miliar) sebagai juara ATP Finals. Itu adalah jumlah maksimal yang bisa diraih peserta yang tak sekali pun kalah di sepanjang turnamen. Bukan hanya uang tunai fantastis, dunia Dimitrov juga melonjak menjadi peringkat ketiga dunia.

Kini Dimitrov menjadi petenis ketiga terbaik di dunia setelah Rafael Nadal dan Roger Federer. tersebut didapatnya setelah meraih 1.500 poin di ATP Finals. ’’Tentu saja, gelar itu sangat berarti bagi saya. Pencapaian luar biasa yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Tapi, saya masih memiliki kekuatan yang belum saya keluarkan secara maksimal,’’ ucap Dimitrov sebagaiman­a dikutip dari situs resmi ATP.

Sebelumnya, hanya ada Maleeva bersaudara –Manuela, Katerina, dan Magdalena– petenis Bulgaria, yang sanggup menembus

enam besar dunia pada periode 1980-an dan 1990-an. Setelah itu, tenis putri menjadi sangat populer di Bulgaria.

Namun, Bulgaria tak pernah melahirkan petenis putra sesukses Dimitrov. Sebelumnya, hanya ada Orlin Stanoytche­v yang meraih peringkat terbaiknya, yakni 96 dunia pada 2000. Setelah itu, Dimitrov muncul sebagai raja tenis Bulgaria dalam lima tahun belakangan. (cak/c22/tom)

 ??  ?? headline www.tennis24.bg. rangking Ranking king rang- rangking
headline www.tennis24.bg. rangking Ranking king rang- rangking

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia