Jawa Pos

Putri Jokowi Bermarga Siregar

-

MEDAN – Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo, resmi bermarga Siregar. Marga Siregar itu diberikan dalam rangkaian prosesi adat yang dihadiri para raja etnis Mandailing dari marga Nasution dan Siregar.

Sejak Selasa pagi (21/11), para undangan acara adat penabalan marga Siregar mulai memadati kediaman Doli Sinomba Siregar di Jalan STM Ujung Medan. Ratusan orang yang didominasi utusan berbagai marga suku Mandailing ikut menyaksika­n sidang untuk mengesahka­n istri Bobby Afif Nasution itu menjadi bagian dari keluarga besar marga Siregar.

Marga Siregar yang kini disandingk­an di nama Kahiyang Ayu diberikan karena ibunda Bobby Nasution memiliki marga Siregar. Dengan demikian, paman atau tulang Bobby, Doli Sinomba Siregar, secara adat menjadi orang tua Kahiyang berdasar aturan yang berlaku di adat Mandailing.

’’Di sini kami menyampaik­an bahwa beginilah cara kami meresmikan (pemberian marga). Karena semua sudah menyetujui, tepat jam 11.15 resmi sah diberikan marga Siregar kepada Kahiyang Ayu. Jadi sekarang bernama Kahiyang Ayu Siregar,’’ sebut salah seorang pembicara dalam sidang adat yang dipimpin Pandapotan Nasution bergelar Patuan Kumala Pandapotan asal Pidoli Lombang, Mandailing Natal, dengan sebutan Raja Panusunan Bulung.

Dalam prosesi adat itu, Kahiyang Ayu Boru Siregar mengaku akan menjalani semua nasihat yang disampaika­n para raja adat Mandailing. ’’Semoga saya bisa mengamalka­n yang disampaika­n para raja-raja. Semoga kami bisa jadi keluarga sakinah, mawadah, dan warahmah,’’ ungkap Kahiyang. (bal/gus/adz/c19/ami)

 ?? SUTAN SIREGAR/SUMUT POS/JPG ??
SUTAN SIREGAR/SUMUT POS/JPG
 ?? SUTAN SIREGAR/SUMUT POS/JPG ?? TORTOR PERTAMA: Kahiyang Ayu mengikuti rangkaian manortor seusai penabalan marga di Jalan STM Ujung Medan, kemarin (21/11). Kahiyang Ayu, yang telah menjadi istri Bobby Afif Nasution itu, resmi bermarga Siregar.
SUTAN SIREGAR/SUMUT POS/JPG TORTOR PERTAMA: Kahiyang Ayu mengikuti rangkaian manortor seusai penabalan marga di Jalan STM Ujung Medan, kemarin (21/11). Kahiyang Ayu, yang telah menjadi istri Bobby Afif Nasution itu, resmi bermarga Siregar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia