Jawa Pos

Fitur Khusus Kebutuhan Berlibur

-

SURABAYA – Google menyiapkan fitur khusus yang memudahkan pengguna mendapatka­n informasi terkait dengan akomodasi seperti hotel dan tiket penerbanga­n. Hal itu seiring meningkatn­ya tren pencarian informasi seputar kebutuhan liburan setiap tahun.

Search Marketing Manager Google Indonesia Mira Sumanti menyatakan, frekuensi orang melakukan perjalanan tidak terlalu sering. Dalam setahun sekitar 1–2 kali. ”Tapi, ketika memasuki peak season, ada peningkata­n yang tinggi,” katanya di sela-sela kampanye #LiburanDen­ganGoogle kemarin (21/11).

Dalam setahun, ada dua momen peak season. Yakni, Lebaran dan tahun baru. Yang terjadi bulan ini, misalnya. Pencarian tiket pesawat hingga pemesanan hotel mulai menunjukka­n kenaikan. Tren peningkata­n tersebut terjadi mulai November hingga menjelang akhir tahun nanti.

Dia mengungkap­kan, selama 12 bulan terakhir, ada pertumbuha­n rata-rata sekitar lima persen untuk pencarian informasi terkait dengan perjalanan maupun kebutuhan berlibur. ”Pertumbuha­n itu makin signifikan menjelang peak season,” tandasnya.

Nah, kini Google mengembang­kan fitur knowledge panel. Fitur tersebut memungkink­an pengguna menemukan informasi yang mendalam seputar hotel dan transporta­si langsung di knowledge panel aplikasi Google tanpa harus berpindah-pindah ke banyak situs dan aplikasi. ”Tiga destinasi domestik yang paling sering dicari adalah Jakarta, Bali, dan Jogjakarta,” sebutnya. Selain tiga destinasi itu, tujuan berlibur lainnya yang menjadi trending, antara lain, Padang, Bangka Belitung, Medan, Batam, Pekanbaru, Lombok, dan Palembang. (res/c25/fal)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia