Jawa Pos

Penjelajah­an Musikal Lintas Dekade

-

JAKARTA – Ketika Ian Antono dan kawan-kawan di God Bless sudah manggung di sana-sini, para personel Sheila on 7 dan Kahitna mungkin baru belajar merangkak. Atau malah baru lahir. Maklum, setidaknya dua–tiga dekade yang memisahkan mereka.

Tapi, tadi malam (21/11) di Plenary Hall, Jakarta, band-band besar Indonesia dari berbagai generasi itu bersatu dalam satu panggung. Ditambah dengan dua kelompok musik papan atas lainnya, Gigi dan Krakatau Reunion. Hasilnya? Histeria penjelajah­an musikal dari dekade ke dekade.

”Kami sangat menghargai tepukan tangan dan jeritan Anda semua. Membangkit­kan memori,” ucap Ahmad ”Iyek” Albar.

God Bless yang berkiprah sejak era 1970an membuka konser 5upergroup persembaha­n XI Creative The Promotor itu. Begitu intro Panggung Sandiwara terdengar dari petikan gitar Ian Antono, segera saja suasana memanas. Penonton bergemuruh.

Dan, Iyek kembali mempertont­onkan, di atas panggung dirinya ”abadi”. Seperti berada di mesin waktu. Tetap energik. Suaranya masih menggelega­r dan tetap mampu menjangkau nada- nada tinggi. Padahal, usianya sudah 71 tahun.

Di momen lain, dia juga berhasil mengajak penonton untuk sejenak menundukka­n kepala. Mengirimka­n doa bagi kesembuhan karibnya, Jockie Suryoprayo­go, yang tengah tergolek sakit. Persisnya saat akan membawakan lagu Menjilat Matahari karya mantan personel God Bless itu.

Setelah God Bless, giliran Gigi yang besar sejak dekade 1990an memanaskan suasana. Berturuttu­rut meluncur Terbang, Nakal,

Kuingin, Andai, 11 Januari,

Jomblo, Nirwana, dan Janji. Set list dari band yang digawangi Thomas Ramdhan, Dewa Budjana, Gusti Hendy, dan Armand Maulana itu pun membuat penonton ”naik turun”: dari meloncat sampai menyalakan ponsel sembari memeluk pasangan. Yang kebetulan membawa pasangan... (nor/c11/ttg)

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? Democratic Policing. GOD BLESS: Ahmad Albar (kiri) dan Ian Antono saat tampil di Plenary Hall, Jakarta, tadi malam.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS Democratic Policing. GOD BLESS: Ahmad Albar (kiri) dan Ian Antono saat tampil di Plenary Hall, Jakarta, tadi malam.
 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? GIGI: Armand Maulana berinterak­si dengan penonton di sela penampilan.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS GIGI: Armand Maulana berinterak­si dengan penonton di sela penampilan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia