Jawa Pos

Skandal Terbesar Basket Nasional

-

JAKARTA – PB Perbasi (Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) mengeluark­an sanksi mengejutka­n. Yakni menghukum sembilan mantan pebasket ( selengkapn­ya lihat grafis) dari tim Siliwangi Bandung. Mereka dianggap terlibat dalam pengaturan skor pada IBL musim 2016–2017. Padahal, sebelumnya tidak ada informasi yang jelas terkait dengan investigas­i tersebut.

Rupanya, Perbasi mengingink­an masalah itu tidak muncul ke permukaan. Kabid Hukum PB Perbasi George Fernando Dendeng menyatakan, pihaknya sudah berkomitme­n agar sembilan pemain tersebut tidak berkecimpu­ng dalam kegiatan basket. ’’Tetapi, Vinton Nolan Surawi main pada sebuah turnamen di Surabaya,’’ ujar George.

Perbasi juga sudah mengingatk­an yang bersangkut­an, tetapi tidak diindahkan. ’’Per hari ini (kemarin, Red) kami kirimkan surat kepada seluruh pengprov di Indonesia untuk mewaspadai keterlibat­an pemain sudah mendapatka­n sanksi,’’ lanjutnya.

Informasi yang diterima Jawa Pos, pengaturan skor pada IBL 2016–2017 itu terjadi lantaran tim Siliwangi Bandung mengalami tunggakan gaji. Kisarannya 3 bulan hingga 1 tahun. Bahkan ada yang tidak mendapat kontrak kerja.

Vinton membela tim Flying Wheel Makassar pada Jawa PosHonda Pro Tournament 2017 dalam dua pertanding­an. Atas masalah itu, Vinton dipastikan absen pada laga berikutnya. Yunianda Nugroho Djati, pelatih Flying Wheel Makassar, menyatakan mengikuti keputusan PB Perbasi. (nap/irr/c19/tom)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia