Jawa Pos

Permukiman Pemulung Ludes Dilalap Jago Merah

-

SURABAYA – Langit di kawasan Keputih pada Senin (20/11) menyala merah. Ada 37 rumah pemulung yang terbakar habis. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00. Lokasi tepatnya berada di kawasan Keputih Tegal Timur Baru. Awalnya, api muncul di rumah Tris, salah seorang warga. Kawasan tersebut memang terkenal sebagai permukiman pemulung. Sebagian besar rumah mereka terbuat dari kayu sehingga mudah sekali terbakar.

Tidak sampai 15 menit, api menjalar ke seluruh permukiman. Rumah-rumah petak dengan ukuran 3 x 3 meter itu langsung terbakar. Warga yang panik kemudian melapor kepada pihak yang berwajib. Selang beberapa menit, mobil PMK datang di lokasi. ”Delapan mobil PMK dari Kecamatan Sukolilo datang terlebih dahulu,” ujar Kepala Dinas PMK Kota Chandra Oeratmangu­n.

Ketika datang di lokasi, api masih menyala. Si jago merah semakin mengamuk. Kebakaran tersebut juga menjalar ke mobil yang saat itu sedang terparkir. Warga sibuk menyelamat­kan diri. Tidak ada satu pun yang sempat menyelamat­kan barang berhargany­a. Mobil yang terbakar berjenis pikap dan sedan.

Satu jam berlalu. Namun, api belum juga bisa dijinakkan. Chandra kemudian mendatangk­an bala bantuan. Yakni, tiga unit truk dari dinas pertamanan. Truk tersebut digunakan untuk memindahka­n sampah di sekitar titik kebakaran. ”Supaya apinya tidak terus menjalar,” imbuh Chandra. (bin/c6/ano)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? MEMBARA: Petugas PMK berjibaku di TKP.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS MEMBARA: Petugas PMK berjibaku di TKP.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia