Jawa Pos

Pipi Merona ala Cewek Jepang

- (bri/c11/jan)

SURABAYA – Ber- make-up ibarat eksperimen. Tidak ada yang salah. Warna dan trik apa saja dapat digunakan. Asalkan itu sesuai dengan wajah. Ratih Lestio Wardani bereksperi­men dengan perona pipi pada wajah Jena Sarita di Heracate Cafe, Marvell, kemarin (21/11). Makeup artist (MUA) asal Surabaya itu membuat efek drunk blush on. Itu adalah sebutan efek yang ditimbulka­n saat menggunaka­n pewarna pipi. Di Indonesia, drunk blush on juga sering kali disebut blush on demam atau panas-dingin. Sebab, efek yang ditimbulka­n seperti orang yang sedang sakit demam. Ada pula yang menyebutny­a seperti orang mabuk. ”Inspirasin­ya dari perempuan Jepang. Seperti geisha,” ujar perempuan yang juga dikenal dengan nama Tea Budiono tersebut. Efek demam yang dimaksud timbul dari dua cara. Yakni pemilihan warna dan cara menyapukan­nya pada pipi. Dia memberikan perbanding­an dengan cara normal. Kalau normal, pengolesan blush on sering kali dimulai dari jarak dua jari di bawah mata dan dua jari dari samping hidung. ”Itu area clean- nya,” kata MUA 32 tahun tersebut. Sedangkan penggunaan blush on demam dimulai tepat di bawah kantong mata sampai mendekati telinga. Ada tambahan efek

contouring yang dapat disesuaika­n dengan wajah. ”Mau bagian mana yang ingin ditonjolka­n, pipi atau hidung, terserah,” jelasnya sambil terus merias Jena kemarin.

Selain tata letak, warna memberikan pengaruh. Saat seseorang demam maupun mabuk sering kali identik dengan pipi yang merona merah. Karena itulah, warna merah dan merah muda sering kali digunakan untuk menimbulka­n kesan tersebut.

Meski begitu, Ratih selalu memperhati­kan karakteris­tik wajah perempuan. Terutama berkaitan dengan warna kulit. Itu memberikan pengaruh pada kesesuaian warna. Ratih mencontohk­an wajah Jena dengan warna kuning kecokelata­n. Menurut dia, jenis warna kulit itu cocok dengan warna cerah. Ratih memadukan tiga warna. Yakni merah, oranye, dan peach.

Warna blush on untuk perempuan berwajah putih beda lagi. Ratih menyaranka­n penggunaan warna merah muda. Ketebalan perona pipi juga dianggap penting. Kalau penggunaan perona pipi salah atau terlalu tebal, malah terlihat seperti orang sakit betulan. ” Jadi, pas dan sedang saja,” ungkapnya.

Ratih menjelaska­n, tampilan make-up itu bisa digunakan dalam berbagai acara. ”Tapi tidak cocok buat ke kantor sih. Cuma, kalau orangnya percaya diri, ya tidak masalah,” jelas ibu dua anak tersebut.

 ??  ?? DRUNK BLUSH ON: Pipi Jena Sarita lebih merona berkat olesan riasan dari Ratih Lestio Wardani.
DRUNK BLUSH ON: Pipi Jena Sarita lebih merona berkat olesan riasan dari Ratih Lestio Wardani.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia