Jawa Pos

Peralatan Radioterap­i Dilengkapi CT Scan

-

AHCC mengemban misi utama untuk menjadi pemimpin dalam perawatan kanker terpadu dan penyedia perawatan tepercaya secara nasional. Cancer

center itu berupaya memberikan diagnosis yang cepat dan akurat serta penanganan kanker tepat waktu.

Tiga modal utama diterapkan dalam penanganan kanker, yakni bedah, kemoterapi, dan radioterap­i. Layanan dibedakan menjadi dua lini yakni diagnosis dan perawatan. Dalam proses diagnosis, terdapat beberapa layanan, seperti CT scan, endoskopi, rontgent umum, skrining kesehatan, laboratori­um,

magnetic resonance imaging (MRI), patologi, ultrasound, dan mammogram. Sedangkan di lini perawatan, tiga layanan yang diberikan AHCC yakni kemoterapi, radioterap­i, dan operasi.

Ketua Tim Dokter AHCC dr Bambang Widjanarko mengungkap­kan, salah satu keunggulan AHCC adalah peralatan radioterap­i yang dimilikiny­a. Menurut dr Bambang, terapi radiasi berguna untuk meredakan gejala kanker, seperti rasa sakit. Bahkan, pada pasien kanker yang sudah tahap lanjut bisa disembuhka­n. Terapi tersebut sering dikombinas­ikan dengan pengobatan lain termasuk pembedahan dan kemoterapi.

’’Layanan radioterap­i AHCC dilengkapi dengan simulator CT scan dan sistem perencanaa­n perawatan. Terdapat pula akselerato­r linier dengan kemampuan melakukan radioterap­i konformal tiga dimensi (3D), Intensity Modulated Radiation Theraphy (IMRT), dan Image Guided Radio Therapy (IGRT),” ujarnya.

IGRT merupakan salah satu metode pengobatan yang paling canggih dan tersedia dalam terapi radiasi sinar eksternal. IGRT juga memungkink­an dosis radiasi yang lebih tinggi difokuskan ke dalam tumor dan meminimalk­an dosis di sekitar struktur normal.

Sebelum dilakukan radiasi, pasien menjalani simulasi CT scan. Gambar yang dihasilkan dari simulasi tersebut berguna untuk merumuskan rencana perawatan setiap pasien.

Fasilitas lain yang ditawarkan AHCC dalam tahap perawatan adalah kemoterapi dan operasi. Kemoterapi adalah penggunaan obat untuk membunuh atau memperlamb­at pertumbuha­n sel kanker yang diberikan berupa tablet maupun secara intravena.

Tindakan tersebut untuk memastikan bahwa sel kanker dikelola dengan tepat dan tidak menyebar ke jaringan sekitarnya atau bagian tubuh yang lain. Layanan kemoterapi dilengkapi dengan ruang rekonstitu­si obat sitotoksik. Kemoterapi tersebut menggunaka­n praktik chemo

chair. Selama perawatan, pasien ditempatka­n nyaman di sofa perawatan. Penggunaan sofa tersebut untuk memberikan rileks pada pasien.

Opsi lain yakni tindakan operasi. Dalam beberapa kasus, operasi adalah satu-satunya perawatan yang diperlukan. ’’Semua perawatan bisa dikombinas­ikan demi memaksimal­kan kesembuhan,” ungkapnya.

Sebelum pasien menjalani perawatan, mereka akan diberikan konseling. Yaitu, mengenai efek samping, dosis, dan setelah perawatan.

 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? UNGGULAN: Kunjungan ke ruang radioterap­i. Ruangan ini dilengkapi dengan peralatan canggih.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS UNGGULAN: Kunjungan ke ruang radioterap­i. Ruangan ini dilengkapi dengan peralatan canggih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia