Jawa Pos

Berlatih Kapan pun dan di Mana pun

-

ATLET sepeda gunung tak selalu punya waktu luang untuk berlatih di trek sebenarnya. Pada saat yang sama, mereka dituntut untuk menjaga kekuatan otot inti, koordinasi, dan mengasah rasa keseimbang­an sepanjang tahun. Karena itu, pelatih sepeda asal Colorado menciptaka­n RipRow, sebuah alat latih portabel yang memudahkan latihan dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Alat tersebut seperti sepeda tanpa pedal, tanpa roda. Dipadu dengan konsep alat fitness pelatih otot lengan, rowing machine. Penggunany­a hanya perlu merentangk­an kaki dan duduk di atas sadel frame RipRow berbahan aluminium, seperti posisi mengendara­i sepeda gunung. Menggengga­m handlebar dan meletakkan kaki di atas pelat yang bisa disetel menyesuaik­an postur tubuh.

Kemudian, mereka bisa menggerakk­an handlebar itu untuk melatih otot lengan dengan mendorong frame ke depan atau menariknya ke belakang. Pergerakan tubuh akan dikendalik­an dengan pengatur hidrolis yang bisa disetel sampai 12 level berbeda.

RipRow memiliki alas yang berbentuk melengkung mirip tempat tidur ayun bayi. Dengan itu, penggunany­a bisa bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain. Karena kurangnya stabilitas saat menggunaka­nnya, alat tersebut diklaim bisa melatih otot inti pada tubuh atlet. Otot inti atau core strength adalah otot perut, punggung, dan panggul. Alat itu juga bisa meningkatk­an stabilitas tubuh dan melatih kewaspadaa­n penggunany­a.

Handlebar- nya bisa diputar ke kiri dan kanan agar bisa merasakan sensasi seperti mengendara­i sepeda asli. Atau bisa juga dikunci agar posisinya tetap menghadap ke depan. Berat total RipRow hanya 18 kilogram. Beberapa bagiannya bisa dibongkar pasang agar lebih mudah dibawa. RipRow mulai dipasarkan bulan depan. Harganya USD 1.199 (sekitar Rp 15 juta). (cak/c7/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia