Jawa Pos

MENANG KARENA TENANG

-

BANDUNG – Kota Bandung memang bersejarah bagi Persebaya Surabaya. Di Kota Kembang itu, klub berjuluk Green Force tersebut kembali diakui dan bisa bermain di Liga 2 dalam Kongres Tahunan PSSI pada 8 Januari lalu. Dan, kemarin, di Stadion Bandung Lautan Api, Persebaya memastikan promosi ke Liga 1.

Ya, berkat kemenangan 3-1 atas rivalnya, Martapura FC, dalam semifinal Liga 2 kemarin, Persebaya kembali ke kancah tertinggi sepak bola tanah air. Kemenangan yang didapatkan berkat ketenangan bermain Rendi Irwan dkk selama 90 menit. Dan, yang menjadi bintangnya adalah Irfan Jaya.

Irfan bermain luar biasa kemarin. Winger berusia 22 tahun itu men- cetak dua gol pada menit ke-24 melalui titik penalti dan menit ke38 melalui sepakan bebas. Lalu, satu assist disumbangk­annya untuk gol tandukan Rishadi Fauzi pada menit ke-57. Satu gol Martapura dicetak Reza Saputra (55’).

Dalam pertanding­an kemarin, pelatih Angel Alfredo Vera patut diacungi jempol dalam membuat para pemain tetap tenang dan tidak terpancing permainan kasar atau provokasi lawan. Bahkan, dia memainkan gelandang belia Adam Maulana yang tampil bagus bersama M. Hidayat di lini tengah.

Selama 90 menit Persebaya menampilka­n gaya main andalannya. Mereka menguasai bola hampir 70 persen dan mengombina­si umpan panjang serta pendek dengan baik. ’’Sudah saya katakan, jika kami kuasai pertanding­an, kesempatan untuk menang lebih besar,’’ jelas Alfredo.

Lebih spesialnya, Rendi Irwan dkk berhasil meredam permainan keras tim lawan. Provokasi pemain Martapura FC pun tidak digubris. ’’Mental kami sudah terbentuk. Kami semua fokus pertanding­an, jadi tidak terpengaru­h permainan lawan,’’ ujarnya.

Pelatih asal Argentina itu layak bangga. Sebab, dia masuk di tengah musim untuk menggantik­an Iwan Setiawan yang melatih sejak awal musim. Di tangan Alfredo, gaya main khas Persebaya terbentuk. ’’Saya tahu tim ini punya banyak sejarah. Selalu main cepat dan menyerang. Saya coba kembalikan karakter itu dan hasilnya luar biasa,’’ jelasnya. (ben/rid/c19/ham)

Saya berharap manajemen bisa mendatangk­an pemain yang berkualita­s di atas rata-rata. Sebab, sudah pasti kami tidak mau kalah dengan tim yang baru promosi. Promosinya Persebaya ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami.” JOKO ”GETHUK” SUSILO pelatih Arema FC

Semua klub berharap Persebaya kembali ke Liga 1. Kompetisi pasti makin seru kalau ada Persebaya. Klub besar, suporterny­a banyak, dan sejarahnya panjang. Jadi, sudah selayaknya Persebaya kembali ke Liga 1.’’ UMUH MUCHTAR manajer Persib 2016–2017

Promosinya Persebaya ke Liga 1 sangat baik menurut saya. Sebab, kita semua tahu bahwa Persebaya tim besar dan bagus. Itu akan membuat persaingan semakin kompetitif. Dan, memang pantas Persebaya bermain di Liga 1.” ARDHI TJAHJOKO Manajer Persija

Jujur, saya bukan orang yang religius. Tapi, untuk kali ini saya percaya itu jalan Tuhan.” AZRUL ANANDA Presiden Klub Persebaya

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? BINTANGNYA: Para pemain Persebaya merayakan gol yang dicetak Irfan Jaya (tengah) ke gawang Martapura FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api kemarin. Persebaya melaju ke final Liga 2.
ANGGER BONDAN/JAWA POS BINTANGNYA: Para pemain Persebaya merayakan gol yang dicetak Irfan Jaya (tengah) ke gawang Martapura FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api kemarin. Persebaya melaju ke final Liga 2.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? LOYALITAS: Dukungan penuh dari Bonek kepada Persebaya ketika melawan Martapura.
ANGGER BONDAN/JAWA POS LOYALITAS: Dukungan penuh dari Bonek kepada Persebaya ketika melawan Martapura.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia