Jawa Pos

Ujian Palang Pintu Baru

-

BIASANYA, tanpa Gerard Pique, masih ada Javier Mascherano yang bisa ditarik ke belakang di posisi bek tengah. Mascherano bisa menemani Samuel Umtiti sebagai palang pintu pertahanan. Lantas, apa jadinya begitu Pique dan Mascherano absen? Pique terkena larangan bermain, sementara Mascherano belum pulih dari cedera hamstring. Praktis, Thomas Vermaelen harus dipilih Ernesto Valverde untuk menemani Umtiti.

Nah, jika Valverde memenuhi janji menurunkan duet Umtiti-Vermaelen, itu jadi variasi bek tengah keempatnya dalam berbagai ajang musim ini. Dari 20 laganya musim ini, ada 20 variasi duet bek tengah di La Blaugrana –sebutan Barcelona. Duet Pique dan Umtiti lebih sering, yakni 13 kali. Lalu, duet Mascherano­Umtiti 4 kali dan Mascherano-Pique 2 kali. Vermaelen? Dia sudah berduet dengan Mascherano dalam laga melawan Real Murcia di Copa del Rey pada 25 Oktober lalu.

Praktis, jika Vermaelen diturunkan bersama Umtiti, itu akan menjadi duet baru di palang pintu. Sekaligus menjadi debut Vermaelen di La Liga musim ini. Passion Futbol menyebut Vermaelen akan menyudahi penantian 628 harinya merasakan starter di La Liga atau kompetisi domestik. Terakhir, bek timnas Belgia itu turun di kompetisi domestik pada ke-31 Serie A kontra Bologna sebagai pengganti. Itu terjadi 10 April lalu. Saat itu dia masih berada di AS Roma sebagai pemain pinjaman.

Sebagaiman­a dilansir L’Esportiu, pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengklaim Vermaelen sudah siap untuk debut di La Liga. ”Dia tidak gugup dengan tim ini karena sudah bermain sebelumnya dengan kami (di Copa del Rey, Red),” klaim Txingurri –julukan Valverde.

Begitu juga kebugaran Vermaelen. ”Dia berlatih dengan sangat bagus. Saya senang dengan yang sudah dia lakukan. Saya sekarang sudah melihatnya sebagai sosok yang kuat,” tambah Valverde. (ren/c11/bas)

 ??  ?? HARUS KOMPAK: Samuel Umtiti (kanan) dan Thomas Vermaelen (dua dari kanan) dalam sesi latihan kemarin.
HARUS KOMPAK: Samuel Umtiti (kanan) dan Thomas Vermaelen (dua dari kanan) dalam sesi latihan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia