Jawa Pos

Rahasia dari Ondina

-

KESUKSESAN Valencia pada 12 jornada awal musim ini bukan hanya efek taktikal Marcelino Garcia Toral. Ada sosok lain yang juga berkontrib­usi besar. Dia adalah Jonathan Gomez Beltran, ahli nutrisi yang pernah menangani para pemain top Spanyol lainnya seperti David Villa atau Saul Niguez.

Ondina, begitu dia biasa disapa, menjadi bagian dari Los Che setelah Marcelino melatih Dani Parejo dkk musim panas lalu. Marcelino dan Ondina saling kenal sejak di Sporting Gijon 12 tahun silam. Lalu, keduanya berpisah karena Ondina lebih sering pindah-pindah klub.

Dilansir Sport, Ondina memberlaku­kan program diet bagi pemain-pemain Valencia. Program dietnya tersebut tentu dengan makanan-makanan sehat. Misalnya, gandum kuno ( kamut), makanan organik yang disebut biji Chia, yang kemudian dipadukan dengan suplemen omega 3. Menu makanan seperti itu masuk keseharian penggawa Valencia di Paterna.

Dalam wawancara dengan stasiun radio resmi Valencia, Ondina mengatakan bahwa tantangan dari tugasnya itu bukan dari luar klub. ’’Tetapi si pemain sendiri. Bagaimana saya mendapatka­n kondisi mereka sudah lebih bagus,’’ ungkap pria kelahiran Oviedo, 35 tahun silam, tersebut. Selain itu, dia harus ’’memaksa’’ pemainnya.

Terutama dalam memakan menu sehat racikannya yang kadang tidak mudah diterima lidah semua penggawa Valencia. Contohnya, pasta kamut. ’’Jika saya hanya memberikan pasta kamut, mereka akan berkata tidak karena rasanya tidak enak. Akan tetapi, ceritanya berbeda jika Anda menambahka­n sedikit seafood, daun sup, dan minyak zaitun,’’ kata Ondina.

Dia dibantu chef Rietalo Bokoko untuk menyiapkan menu sehat tersebut. Bukan hanya makanan sehat. Mantan pemain klub dari kasta ketiga Spanyol, Penya Deportiva, itu juga rajin mengecek kondisi badan pemainnya. Mulai pengecekan berat badan berkala setiap hari hingga cek darah seminggu sekali.

Apa hasilnya? Dilansir situs Fichajes, belum genap setengah tahun Ondina bertugas, ada beberapa pemain yang sudah merasakan perubahan dalam tubuhnya. (ren/c15/bas)

 ??  ?? JOSE JORDAN/AFP PHOTO SELALU BUGAR: Pemain Valencia merayakan gol yang dicetak Santi Mina (dua dari kiri) ke gawang Leganes (4/11).
JOSE JORDAN/AFP PHOTO SELALU BUGAR: Pemain Valencia merayakan gol yang dicetak Santi Mina (dua dari kiri) ke gawang Leganes (4/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia