Jawa Pos

Tite Minta Tak Forsir Neymar

-

PERFORMA Neymar Jr bersama Paris Saint-Germain (PSG) musim ini memang moncer. Dari 14 laga bersama PSG musim ini, Neymar mencetak 13 gol. Dia juga menjadi eksekutor tetap bola mati bagi Les Parisiens. Meski begitu, Tite menganggap hal tersebut sebagai bentuk eksploitas­i. Pelatih timnas Brasil itu meminta PSG mengurangi beban Neymar. ”Bila Anda memiliki satu di antara tiga pemain terbaik di dunia, akan sangat mudah untuk memberinya tanggung jawab dalam tim Anda,” ucap Tite kepada situs resmi FIFA. ”Faktanya, kami semua harus memikul tanggung jawab yang sama,” imbuh pelatih 56 tahun itu.

Apa yang diucapkan Tite memang ada benarnya. Sebab, selama di PSG, Neymar sempat terlibat insiden rebutan eksekusi penalti dengan Edinson Cavani. Bahkan, hal tersebut membuat ruang ganti PSG memanas beberapa saat.

Tite mengakui bahwa ada sisi yang tidak terlihat di depan umum dari pemain bintangnya. Padahal, ketika di lapangan, kemampuan mereka luar biasa. Menurut dia, itulah yang dimaksud dengan pemberian tanggung jawab yang merata kepada semua pemain.

Hal tersebut ditambah kian matangnya penampilan Neymar. Tidak hanya diukur dari jumlah gol. Tetapi juga kemampuann­ya membaca permainan dan memberi umpan yang meningkat drastis. ”Umpannya sangat menakjubka­n saat ini. Sebelumnya, saya melihat bagaimana dia melakukan teknik tipuan dan penyelesai­an akhirnya. Namun, saya melewatkan perhatian dari yang sangat penting (umpan, Red),” tuturnya. ”Untuk kepribadia­n, dia memiliki hati yang lapang,” tambahnya. (io/c16/bas)

 ?? CHARLES PLATIAU/REUTERS ??
CHARLES PLATIAU/REUTERS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia