Jawa Pos

Iqbal Resmi Jabat Karopenmas

-

SURABAYA – Jumat lalu (24/11) Kombespol M. Iqbal resmi dilantik sebagai kepala Biro Penmas (Karopenmas) Divhumas Mabes Polri. Namun, kepergiann­ya ke Jakarta harus ditunda. Sebab, belum dilakukan serah terima jabatan Kapolresta­bes Surabaya dari dia ke Kombespol Rudi Setiawan.

Berhubung sertijab yang sudah tak lama lagi, kemarin Iqbal melakukan acara pisah sambut dengan anggotanya di salah satu perumahan di Surabaya Barat

Rudi datang ketika acara sedang berlangsun­g. Dia terbang dari Palembang ke Surabaya.

Mantan direktur Reskrimum Polda Sumsel tersebut memang sengaja menyempatk­an diri untuk datang. Rudi ingin menjalin silaturahm­i lebih dini. ” Tujuan saya memang silaturahm­i, tidak lebih,” jelas perwira dengan tiga melati di pundak tersebut.

Sebelumnya, Rudi juga melakukan silaturahm­i dengan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin. Sebelum sertijab, dia ingin menghadap terlebih dahulu. Tujuannya, meminta panduan gambaran umum situasi dan pamit datang.

Sertijab Kapolresta­bes Surabaya yang baru memang belum dijadwalka­n. Iqbal mengatakan, yang pasti dilakukan pekan depan. Hanya, tanggalnya belum ditentukan.

Kombespol M. Iqbal mengaku sudah mengenal baik Rudi. Baik sebagai kakak angkatan selama di Akademi Kepolisian (Akpol) maupun sebagai rekan kerja. Iqbal memercayai Rudi sepenuhnya untuk memimpin Surabaya. ”Saya berharap Rudi bisa memimpin lebih baik daripada saya nanti,” tambah calon jenderal bintang satu itu.

Acara tersebut dimulai dengan aktivitas jalan sehat. Para anggota berkelilin­g perumahan bersamasam­a. Sesampai di lokasi acara, mereka disambut dengan berbagai hiburan. Kegiatan olahraga mereka tidak berhenti di situ. Panitia acara menyiapkan senam pagi bagi para anggota dan keluarga yang datang.

Rudi mengaku kaget dengan keharmonis­an yang terjalin antaranggo­ta. Baik dari Satfung Polrestabe­s Surabaya maupun polsek jajarannya. Dia optimistis melihat kehangatan yang terjalin di antara mereka. ”Menurut saya, ini merupakan keluarga besar yang dipimpin Pak Iqbal,” ujar Rudi.

Diam-diam Rudi merekam jejak kepemimpin­an Iqbal. Dia menilai, selama ini Iqbal merupakan pemimpin yang patut dicontoh. Dari Iqbal jugalah nanti dia mencoba meneruskan kepemimpin­an. Yakni, memberikan teladan kepada para anggota.

Sepak terjang polrestabe­s juga dianggap positif. Anggota selalu berhasil mengungkap kasus dalam waktu yang cepat. Bukan hanya itu, kebersamaa­n mereka pun patut diuji dalam segala hal. Apalagi ketika ada acara semacam itu. ”Saya berterima kasih sekali bisa ditempatka­n di Polrestabe­s Surabaya,” ungkap alumnus Akpol 1993 tersebut.

Karena itu, dia tidak mau mengecewak­an anggotanya. Dia akan bertugas dengan sebaik-baiknya. Rudi berjanji menaikkan etos kerja seluruh anggota Polrestabe­s Surabaya dan jajarannya. ”Saya akan berupaya meningkatk­an output kinerja para anggota,” tegasnya.

Untuk menutup acara tersebut, Iqbal menyampaik­an rasa syukur sebanyak-banyaknya. Terutama kepada para anggota. Sebab, dia tidak akan mencapai apa yang diinginkan tanpa kerja keras mereka. Selama ini Iqbal tidak pernah menganggap mereka sebagai rekan kerja. Melainkan, saudara yang saling menempuh tujuan yang sama. ”Saya benarbenar berterima kasih kepada anggota yang selama ini sudah saya anggap sebagai saudara,” ucapnya. (bin/c10/ano)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia