Jawa Pos

Go Goal Good untuk Belajar Membaca

-

SURABAYA – Tidak mudah menjadi guru taman kanak-kanak (TK). Mereka dituntut menciptaka­n metode pembelajar­an paling baik. Tujuannya, mampu merangsang perkembang­an kognitif siswa dengan sempurna tanpa mengorbank­an kebutuhan dasar mereka untuk bermain.

Guru RA Salafiyah Krembangan, Surabaya, Aini Latifatun Zahroh menciptaka­n permainan go goal good. Go bermakna melempar, goal adalah masuk, dan good berarti berhasil.

Untuk menciptaka­n permainan tersebut, guru 22 tahun itu membuat tabung transparan berukuran besar. Di dalam tabung, ada lubang-lubang dengan nomor. Cara mainnya, anak diminta melemparka­n bola ke dalam tabung. Biasanya, bola langsung masuk ke salah satu nomor.

”Kemudian, dilihat masuk nomor berapa. Setelah itu, anak diminta menjawab pertanyaan berdasar nomor lubang yang dimasuki bola,” jelas Aini ditemui saat lomba metode pembelajar­an dalam Festival Anak Saleh di Asrama Haji Sukolilo, Rabu (22/11).

Pertanyaan yang harus dijawab siswa itu berhubunga­n dengan peningkata­n kemampuan membaca awal. Yakni, siswa diminta merangkai huruf yang membentuk suatu kata. Agar lebih mudah, Aini menambahka­n visualisas­i benda yang hurufnya harus dirangkai. Misalnya, apel. Huruf penyusunny­a terdiri atas A, P, E, dan L.

Sebelumnya, alumnus Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) itu meletakkan satu huruf sebagai kisi-kisi. Siswa tinggal menyusun sisanya. Jika menjawab dengan benar, siswa berhasil. Jika salah, siswa diminta mengulang.

Untuk menjawab pertanyaan, Aini menyediaka­n dua media. Yakni, secara manual dan digital. Media manual berupa buku tiga dimensi dengan berbagai hiasan menarik.

Sementara itu, produk digitalnya meng- gunakan Microsoft Power Point. Khusus media digital tersebut, Aini bermaksud mengenalka­n komputer dasar kepada siswa. Dengan begitu, ketika satu siswa sedang bermain, teman lain menjadi operator. ”Mereka belajar memegang mouse dan mengeklik huruf yang benar,” ujar perem- puan kelahiran 1 November 1995 itu.

Permainan go goal good tersebut baru saja bersaing dengan metode pembelajar­an milik peserta lain dari kota dan kabupaten di Jawa Timur. ”Alhamdulil­lah, saya dapat juara III tingkat provinsi,” ungkapnya. (ant/c7/nda)

 ??  ?? DIBUAT SERU: Guru RA Salafiyah Krembangan Surabaya Aini Latifatun Zahroh menciptaka­n permainan go goal good.
DIBUAT SERU: Guru RA Salafiyah Krembangan Surabaya Aini Latifatun Zahroh menciptaka­n permainan go goal good.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia