Jawa Pos

Beri Bekal Wawasan Kebangsaan

-

SIDOARJO – Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Sidoarjo menggelar jambore pemuda di Markas Kodim 0816. Ratusan pemuda dari sejumlah organisasi kepemudaan menjadi peserta. Selama dua hari (25–26/11) mereka mendapat ”gemblengan” pengetahua­n.

Jambore pemuda itu kemarin sore langsung dibuka Dandim Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono. Di tengahteng­ah upacara pembukaan, hujan deras mengguyur. Meski begitu, para peserta tetap antusias. Mereka tetap mengikuti upacara hingga selesai. ”Masa depan bangsa ada di tangan pemuda. Kelak, di antara kalian akan ada yang menjadi pemangku kebijakan negara,” ujar Fadli.

Dia menegaskan, peran pemuda sangat sentral. Karena itu, Fadli berpesan agar seluruh peserta jambore pemuda tidak menyia-nyiakan waktu dengan bersantai-santai. Anak-anak muda Kota Delta harus terpacu untuk terus memberikan kontribusi positif terhadap pembanguan daerah. ”Jadilah motivator dan inisiator bagi yang lain,” ungkapnya.

Jambore selama dua hari itu memberikan ilmu baru kepada para peserta. Sejumlah kegiatan sudah disiapkan. Antara lain seminar bertema kebangsaan. Menurut rencana, beberapa pejabat menjadi pemateri dan membagikan pengetahua­n. ”Wawasan kebangsaan patut dipelajari agar muara dari karya adalah kebanggaan terhadap Indonesia,” tuturnya.

Kabid Kepemudaan Disparpora Sidoarjo Toriquddin menambahka­n, jambore tersebut baru kali pertama dilaksanak­an. Total, ada 12 organisasi kepemudaan yang terlibat. Antara lain FKPPI, karang taruna, purna-paskibra, IMM, KNPI, dan duta antinarkob­a. Juga GP Ansor, IPNUIPPNU, Pemuda Pancasila, duta peduli AIDS, duta lingkungan, serta IPM. ”Harapan kami, kegiatan ini bisa berlangsun­g secara berkesinam­bungan setiap tahun,” katanya.

Tema jambore pemuda adalah Menumbuhka­n Wawasan Kebangsaan dan Merajut Kebhinneka­an. Dari kegiatan itu, akan ada pemuda pilihan yang dikirim ke jambore provinsi. (edi/c11/hud)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia