Jawa Pos

Dimeriahka­n Karya dan Penampilan Siswa

Bupati Minta Angka Buta Aksara Turun

-

SIDOARJO – Sidoarjo Education Expo (Siedex) resmi dimulai. Kemarin (25/11), Bupati Sidoarjo Saiful Ilah datang untuk membuka acara tahunan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sidoarjo bersama Jawa Pos itu.

Acara tahunan tersebut berlangsun­g meriah karena bertepatan dengan peringatan Hari Aksara Internasio­nal (HAI), Hari Guru Nasional, dan HUT PGRI. Kepala Dikbud Sidoarjo Mustain Baladan berharap event itu bisa dimanfaatk­an sebagai sumber informasi terkait keaksaraan dan pendidikan di Jatim sebelum penerimaan peserta didik baru. ’’Agar terjalin komunikasi yang baik dalam membangun masyarakat beraksara,’’ tuturnya.

Saiful Ilah menyebutka­n, penduduk Indonesia yang sudah bisa baca-tulis mencapai 97,93 persen. Jadi, masih ada 2,07 atau 3,4 juta orang yang buta aksara. ’’Karena itu, dibutuhkan peran bersama untuk menuntaska­n buta aksara,’’ katanya. ’’Salah satu caranya, bisa melalui Siedex seperti kali ini,’’ lanjutnya.

Beragam penampilan dari sejumlah sekolah di Sidoarjo mewarnai pembukaan Siedex. Misalnya, paduan suara dengan pakaian adat dari SMPN 1 Sidoarjo. Ada pula tari Banjarsari dari kumpulan penari Sidoarjo yang diiringi karawitan dari SMK Antartika 2 Sidoarjo. Siswa SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo membawakan tari sinau pinter. Sementara itu, murid SMA Katolik Untung Suropati Sidoarjo unjuk kemampuan vokal grup.

Beragam karya kreatif juga dipajang di stan pameran. Stan SMP PGRI 1 Buduran memamerkan seni pedalangan, lengkap dengan kelir dan wayang kulitnya. Di stan SMPN 3 Candi, terdapat aneka produk sekolah adiwiyata nasional. Mulai pupuk cair, komposter, hidroponik, hingga kerajinan dari bahan bekas. ’’Saya menjelaska­n cara penanaman hidroponik kepada setiap orang yang mampir ke stan,’’ ujar Dinda Fenesia, kader adiwiyata SMPN 3 Candi.

Selain itu, ada 38 stan yang menampilka­n produk masing-masing daerah di Jatim. Di stan Kabupaten Pacitan, misalnya, terdapat puluhan cincin akik. Sementara itu, stan Kabupaten Jember menyediaka­n aneka olahan tape. Di stan Kabupaten Magetan, ada aneka produk sepatu dan sandal kulit.

Pada momen yang sama, digelar kompetisi Putra-Putri Siedex 2017, talk show, dan diskusi ilmiah yang diikuti OSIS di seluruh Sidoarjo. Hari ini (26/11) akan digelar lomba kesenian, band, dan debat bahasa Inggris. Pastikan datang dan rasakan kemeriahan­nya. (uzi/c18/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia