Jawa Pos

Kehabisan Stok Insektisid­a

Desa Diminta Pengadaan Fogging secara Mandiri

-

GRESIK – Memasuki musim hujan penyakit demam berdarah dengue (DBD) menjadi momok di Kota Wali. Beberapa orang dinyatakan positif menderita penyakit yang dibawa nyamuk Aedes aegypti itu. Penanganan pun harus segera dilakukan.

Salah satu yang terserang DBD adalah Delila Cindy. Bocah 10 tahun itu harus menjalani rawat inap selama empat hari di RS Petrokimia. Kondisinya kritis. Dia terserang DBD stadium tiga. Daniel Bustami, ayah Cindy, menyatakan sudah melaporkan kejadian tersebut ke kelurahan. Lelaki 33 tahun itu meminta wilayah di sekitar rumahnya di- fogging. ’’Sudah diteruskan ke dinas kesehatan (dinkes),’’ ujar warga Jalan Pahlawan tersebut.

Hingga kemarin (25/11), belum ada petugas yang turun untuk melakukan pengasapan. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendali­an Penyakit (P2P) Dinkes dr Mukhibatul Khusnah menyatakan, stok insektisid­a untuk fogging habis sejak Mei lalu. Jumlahnya memang sangat terbatas ( lihat grafis).

Khusnah menambahka­n, anggaran untuk fogging juga terbatas. Dalam setahun, dana untuk kegiatan pemberanta­san nyamuk hanya Rp 900 juta. ’’Memang ada efisiensi anggaran,’’ katanya.

Selain itu, stok insektisid­a tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Pada 2016 masih ada bantuan 175 liter dari Dinkes Jatim. Kemudian, Dinkes Gresik menga- dakan 1.000 liter insektisid­a. ’’ Tahun ini dikurangi,’’ ungkapnya.

Bagaimana solusinya? Khusnah menuturkan, pihaknya sudah meminta bantuan pihak desa untuk melakukan pengadaan insektisid­a secara mandiri. Selain itu, dinkes tetap melakukan penyuluhan dan survei lapangan.

Langkah tersebut dilaksanak­an agar persebaran nyamuk bisa terlacak. Tindakan selanjutny­a adalah abatisasi untuk memberanta­s sarang nyamuk di rumah-rumah penduduk.

Kepala Dinkes Gresik dr Nurul Dholam menambahka­n, fogging bukan satu-satunya solusi penanganan kasus DBD. Yang paling penting adalah pencegahan. ’’Pemberanta­san sarang nyamuk (PSN) harus lebih digalakkan,’’ tuturnya. (adi/c15/dio)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia