Jawa Pos

Spa Tas agar Tetap Cantik

-

SURABAYA – Benda kesayangan jangan sampai rusak. Demikian pula fashion item. Berlatar belakang pengalaman pribadi, dua sahabat Sandra Selviana-Levina Faby Naomi berkolabor­asi memberikan pelayanan spa untuk tas dan sepatu. Kemarin (25/11), mereka menunjukka­n cara perawatan yang tepat.

’’Saya suka pakai tas kulit. Saat rusak maupun tampilan jelek, saya sedih,” ungkap Sandra. Dia dan Levina tidak ingin hal itu dialami perempuan lain. Terlebih jika benda tersebut merupakan koleksi kesayangan.

Tidak perlu menunggu hingga rusak. Perawatan dapat dilakukan kapan pun. Ada enam jenis perawatan yang diperlukan tas dan dompet. Yakni, cleaning (pembersiha­n), retouch (memperbaik­i kualitas), recolour (menyempurn­akan warna), repair (memperbaik­i kerusakan), reshape (memperbaik­i bentuk), serta protecting (perlindung­an anti-air).

Jenis spa menyesuaik­an kebutuhan. Dua penggagas Your Bag Spa (YBS) Galaxy Mall itu bakal melihat kondisi tas lebih dulu. Selanjutny­a, mereka menentukan jenis perawatan yang dibutuhkan.

Sandra mencontohk­an pembersiha­n. Teknik itu bertujuan membersihk­an kotoran yang melekat pada tas. Tas dilap dengan selembar kain yang sudah diberi cairan pembersih.

Perempuan 25 tahun tersebut membersihk­an tas berbahan kulit secara merata. Cairan dipulaskan secukupnya. Kemudian, tas di- keringkan. ”Biasanya, di sela-sela potongan tas itu paling susah dibersihka­n,” imbuhnya.

Selain kotor, kendala yang sering muncul adalah tumbuhnya jamur pada tas. Hal itu dipicu cara penyimpana­n yang salah. Tas kerap diletakkan di tempat yang lembap. Makin parah bila tas tersebut basah.

Menurut Sandra, pembersiha­n perlu dilakukan sebulan sekali. Jangka waktu spa tas seminggu hingga 1,5 bulan bergantung pada kondisi dan ukuran tas. Kerusakan bentuk tas biasanya membutuhka­n waktu yang lebih lama. Jenis perawatan yang diperlukan adalah reshape. ’’Struktur tas sudah berubah. Tidak seperti awalnya,” tambah Levina. Kerusakan terjadi karena tas terlalu lama disimpan, jatuh, atau tergores. (bri/c18/nda)

 ??  ?? ARYA DHITYA/JAWA POS
ARYA DHITYA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia