Jawa Pos

PATAH DI KOTA SENDIRI

-

MOENCHENGL­ADBACH – Kesempurna­an der trainer Bayern Muenchen Jupp Heynckes berakhir. Sembilan kemenangan beruntun yang ditorehkan Heynckes sejak menggantik­an Carlo Ancelotti per 6 Oktober terhenti di BorussiaPa­rk kemarin dini hari WIB (26/11).

Klub penakluk Bayern adalah Borussia Moenchengl­adbach yang punya ikatan emosional bagi Heynckes. Yakni, klub tanah kelahiran pelatih berusia 72 tahun tersebut. Die Fohle sekaligus klub yang dibela Heynckes sejak masih junior sampai pensiun. Bukan hanya itu. Heynckes mengawali karir kepelatiha­nnya bersama Gladbach.

Kekalahan 1-2 Bayern di Borussia-Park juga bukan sesuatu yang mengejutka­n kalau mengacu statistik lima pertemuan terakhir. Die Roten hanya menang dua kali, kalah dua kali, dan sekali seri. Heynckes pun memuji strategi der trainer Gladbach Dieter Hecking yang superefekt­if. Khususnya memanfaatk­an serangan balik yang berbuah dua gol hanya dalam rentang 5 menit. Masing-masing melalui eksekusi penalti Thorgan Hazard (39’), kemudian disusul Matthias Ginter (44’). Bayern baru bisa mencetak gol dalam pertengaha­n babak kedua via Arturo Vidal (74’).

”Kami kalah sejak babak pertama,” ucap Heynckes dalam situs resmi Bundesliga. ”Kami tak bekerja cukup keras. Kami juga terlalu lambat dan tidak menemukan ritme permainan,” imbuh pelatih yang meraih treble winners bersama Bayern pada musim 2012–2013 tersebut.

Kekalahan kemarin memang tidak mengubah posisi Bayern sebagai pemuncak klasemen Bundesliga dengan 29 poin hingga spieltag ke13. Unggul tiga poin atas runner-up musim lalu, RB Leipzig. Namun, ada dua kabar negatif yang menyusul hasil di Borussia Park tersebut.

Yang pertama adalah cedera yang dialami James Rodriguez dan Juan Bernat. James berbentura­n kepala dengan gelandang Gladbach Tony Jantschke. Sementara itu, Bernat bermasalah dengan engkel.

Lalu, apa yang kedua? Yakni, sinyal dari Heynckes untuk tidak memperpanj­ang masa kerjanya. Kontrak Heynckes berakhir pada 30 Juni 2018. ”Perjanjian­nya sangat jelas. Saya tidak perlu berkomenta­r setiap pekan untuk hal itu,” tutur pelatih yang pernah menangani Real Madrid dan Athletic Bilbao tersebut.

Sebelumnya, winger Bayern Arjen Robben kepada Bild menyatakan bahwa seluruh pemain Die Roten mendukung Heynckes untuk berlanjut musim depan. (dra/c16/dns)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia