Jawa Pos

Senyum Penutup Milik Bottas

Wajah F1 2018 Banyak Berubah

-

YAS MARINA – Mercedes mengakhiri musim Formula 1 2017 dengan dominasi total. Valtteri Bottas menjuarai GP Abu Dhabi setelah memulai balapan dari pole position. Sedangkan rekan setimnya, juara dunia F1 2017 Lewis Hamilton, mengamanka­n posisi runner-up.

Ferrari yang berambisi mengakhiri musim dengan kemenangan gagal menjalanka­n misinya. Sebastian Vettel tertinggal sangat jauh di posisi ketiga dengan selisih nyaris 20 detik di belakang Bottas. Pembalap Jerman itu menghabisk­an sebagian besar balapan dengan melaju ’’sendirian’’.

Bottas sejatinya masih berharap bisa memburu posisi Vettel di urutan kedua klasemen pembalap saat memulai balapan di Yas Marina tadi malam. Namun, kemenangan saja tidak cukup. Sebelum GP Abu Dhabi berlangsun­g, jarak poin Vettel dengan Bottas membentang 22 angka. Untuk finis di posisi kedua klasemen, Bottas harus juara dan Vettel finis di luar sembilan besar. Dengan finis ketiga di balapan tadi malam, posisi Vettel tetap kukuh sebagai runner

up di klasemen pembalap F1 2017. Ini menjadi kemenangan ketiga Bottas pada musim debutnya bersama Mercedes tahun ini. Kemenangan sebelumnya dia raih di GP Rusia dan Austria. Bottas mengakhiri musim 2017 di posisi ketiga dengan raihan 305 poin, tertinggal 12 poin oleh Vettel. ’’Sangat penting bisa menang di sini, mengingat saya mengalami kesulitan di sepanjang paro kedua musim. Bekerja keras untuk melakukan perbaikan semua bidang menuai buahnya hari ini. Akhir pekan ini saya tidak bisa lebih bahagia dari ini, setelah menutup musim 2017 dengan kemenangan,’’ ucapnya.

Musim F1 berakhir di Abu Dhabi. Jeda panjang musim dingin berlangsun­g hingga tahun depan. Tetapi, ada banyak perubahan yang sudah diumumkan pada seri terakhir kemarin. Misalnya, logo baru F1. Logo yang lebih sederhana dengan dominasi warna merah itu menggantik­an logo legendaris F1 sebelumnya. Liberty seperti ingin menghapus legacy Bernie Ecclestone di Formula 1. (cak/c4/ady)

 ??  ?? HAMAD I MOHAMMED/REUTERS HAPPY ENDING: Valtteri Bottas menegaskan dominasi Mercedes dengan kemenangan di GP Abu Dhabi kemarin.
HAMAD I MOHAMMED/REUTERS HAPPY ENDING: Valtteri Bottas menegaskan dominasi Mercedes dengan kemenangan di GP Abu Dhabi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia