Jawa Pos

Pejuang Perlindung­an Anak Itu Berpulang

-

SURABAYA – Dunia pendidikan Surabaya kembali berduka. Didik Yudhi Ranu Prasetyo, anggota dewan pendidikan yang gigih memperjuan­gkan hak dan perlindung­an anak, berpulang pada Sabtu petang (25/11) karena serangan jantung.

Didik merupakan salah seorang pendiri Yayasan Genta. Yayasan tersebut berfokus pada penanggula­ngan HIV/ AIDS, penanganan anak jalanan, dan perlindung­an anak. Di dunia pendidikan Surabaya, Didik getol bergerak di bidang pemberdaya­an dan perlindung­an anak.

Bersama Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Didik kerap mengajak pelajar untuk terus belajar dan berorganis­asi. Dua komponen itu diajarkan agar pelajar bisa mendapatka­n haknya sebagai anak. Pria yang berpulang pada usia 49 tahun tersebut juga menjadi inisiator berbagai program pendidikan. Mulai Organisasi Pelajar Surabaya (Orpes), konselor sebaya, hingga kampung pendidikan. ’’Semangat almarhum untuk membangun pendidikan di Surabaya sangat besar,’’ tutur Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan di rumah duka, Jalan Rungkut Asri.

Selain menjadi konseptor, Didik kerap terjun ke lapangan untuk menyelesai­kan permasalah­an anak. Ketika muncul masalah, Didik langsung tanggap. ’’Pagi tadi (Sabtu, Red), kebetulan ada masalah yang melibatkan anak di salah satu SMP,’’ terang Ikhsan.

Mendengar kabar itu, almarhum langsung meminta nomor sekolah. Pada hari yang sama, Didik masih sempat mengisi materi untuk anak-anak kejar paket C di dispendik. Pada acara tersebut, Didik memberikan motivasi dan semangat untuk berkarya di berbagai bidang.

Ikhsan juga menyampaik­an hal istimewa yang dimiliki Didik. Yakni, mau berkorban untuk teman. Apa pun risikonya. Ikhsan mengetahui­nya sejak mengenal Didik di bangku kuliah.

Sosok Didik juga dikenang Ketua Aliansi Pelajar Surabaya (APS) Aryo Seno Bagaskoro. Didik sudah dianggap sebagai guru yang selalu memberikan hal baru. ’’Orangnya asyik, mau diajak diskusi kapan pun,’’ ucap siswa SMAN 5 itu.

Wartilah, ibu Didik, mengatakan bahwa jiwa sosial anaknya terbangun sejak muda. Apa pun akan dilakukan Didik untuk membantu orang lain. (elo/c18/git)

 ??  ?? DOK./SENO FOR JAWA POS Didik Yudhi Ranu P.
DOK./SENO FOR JAWA POS Didik Yudhi Ranu P.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia