Jawa Pos

Terganjal Pembebasan Tiga Persil Lahan

Proyek Jalan Kembar Wiyung

-

SURABAYA – Tuntasnya proyek infrastruk­tur jalan kembar Wiyung sangat dinanti-nanti. Sebab, jalan tersebut akan mengurai kemacetan di Surabaya Barat. Sayangnya, kelangsung­an proyek itu terhambat pembebasan tiga persil lahan.

Berdasar pantauan Jawa Pos, pengerjaan fisik jalan kembar Wiyung tersebut masih berlangsun­g. Tiga jembatan yang dibangun hampir tuntas. Para pekerja juga tengah mengeraska­n jalan. Hanya, pengerjaan fisik itu terkendala pembebasan tiga persil lahan.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Erna Pur- nawati mengatakan, saat ini tiga persil lahan itu masuk konsinyasi di pengadilan negeri (PN). Proses konsinyasi pun membutuhka­n waktu yang cukup panjang. Bahkan, hingga saat ini konsinyasi belum selesai. ’’Masih menunggu keputusan PN,” katanya.

Tiga persil yang belum bisa dibebaskan itu akhirnya membuat pengerjaan fisik terhambat. Padahal, tahun ini pemkot menargetka­n proyek jalan kembar Wiyung bisa tuntas. ’’Sepertinya tidak selesai tahun ini,” ujarnya.

Sambil menunggu hasil konsinyasi, lanjut dia, pemkot meminta kontraktor segera menyelesai­kan pengerjaan fisik jalan yang lahannya sudah dibebaskan. ’’Tiga jembatan sudah mau tuntas. Sudah terlihat progresnya. Tinggal nunggu tiga persil itu saja beres. Tahun depan dilanjutka­n,” kata dia.

Sementara itu, Pelaksana Lapangan PT Bangun Konstruksi Persada Wiling Ardiano mengatakan bahwa pihaknya mendapat jatah pembanguna­n jalan kembar Wiyung sepanjang 500 meter. Terhitung mulai Superindo hingga perempatan Wiyung. Saat ini progres pengerjaan fisik sudah mencapai 70–80 persen. ’’Bagian kami memang ada masalah pembebasan lahan. Jadi, lama belum bisa dikerjakan,” ujarnya.

Wiling menyebutka­n, ada satu persil yang belum dibebaskan. Tepatnya di depan Indomaret Wiyung. Akses menuju Superindo dan Jalan Babatan Mukti juga sulit. Akibatnya, ketika proyek tersebut dikerjakan, arus lalu lintas tertutup. (ayu/c7/git)

 ??  ?? ARYA D./JAWA POS MENUNGGU TUNTAS: Pembanguna­n jembatan di jalan kembar Wiyung terus dituntaska­n.
ARYA D./JAWA POS MENUNGGU TUNTAS: Pembanguna­n jembatan di jalan kembar Wiyung terus dituntaska­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia