Jawa Pos

Tebak Pengetahua­n Berhadiah Helm

-

SURABAYA – Ayo, yang mau helm gratis mendekat ke sini,’’ teriak salah satu anggota Dikyasa Polrestabe­s Surabaya Aiptu Muhammad Rikza Firmansyah. Kemarin (26/11) dia dan dua rekannya membuka lapak di car free day (CFD) Taman Bungkul. Tidak untuk berjualan, tetapi mengedukas­i masyarakat tentang tertib berkendara.

Caranya, melakukan sesi tanya jawab kepada para pengunjung CFD. Pertanyaan­nya tentu seputar lalu lintas. Terutama rambu dan tata cara berkendara di jalan raya. Teriakan Firmansyah ternyata mengundang banyak pengunjung.

Bukan karena suaranya yang nyaring, melainkan hadiah yang disiapkan. Sebab, ada hadiah di balik semua pertanyaan yang benar. Hadiah tersebut berupa beberapa perangkat keselamata­n di jalan raya. Mulai kaus, jas hujan, hingga helm.

Polisi ingin menunjukka­n bahwa mendidik masyarakat untuk tertib berkendara bisa dilakukan di mana saja. Termasuk di pinggir jalan sebagaiman­a yang dilakukan. Kadang di sekolah, kadang di CFD seperti ini,’’ ujar Firmansyah.

Eits, jangan harap pertanyaan yang diajukan mudah. Ternyata ada rentetan hal yang harus diketahui seorang pe- ngendara di jalan raya. Contohnya, prosedur tata cara menyalip kendaraan. Pertama, mereka harus menyalip dari lajur kanan. Kedua, menyalakan lampu sein dan klakson agar pengendara lain tahu bahwa ada yang hendak menyalip. Terakhir, pengendara harus memastikan tidak ada kendaraan lain di depannya.

Boleh buka handphone kok, ini bukan ujian nasional lho ya,’’ ucap pria kelahiran Jakarta tersebut.

Para pengunjung pun mulai antusias. Kebanyakan enggan membuka internet untuk mencari jawaban. Mereka ingin menguji pengetahua­nnya tentang lalu lintas. Tidak disangka, banyak sekali warga yang berhasil menjawab dengan benar. Itu tandanya masyarakat Surabaya sudah aware akan keselamata­n di jalan,’’ papar penggemar nomor satu kamen rider tersebut.

Dalam 15 menit, hadiah pun ludes tidak bersisa. Padahal, masih banyak di antara mereka yang ingin mendapatka­n hadiah. Karena antusiasme masyarakat begitu tinggi, acara serupa akan dilaksanak­an minggu depan. Firmansyah akan memberikan sesi tanya jawab lagi kepada para pengunjung.

Sampai jumpa di jam dan lokasi yang sama ya,’’ ucapnya menutup sesi tanya jawab tersebut. (bin/c15/ano)

 ??  ?? CARA KREATIF: Aiptu Muhammad Rikza Firmansyah memasangka­n helm kepada warga yang menang kuis.
CARA KREATIF: Aiptu Muhammad Rikza Firmansyah memasangka­n helm kepada warga yang menang kuis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia