Jawa Pos

Pemkab Janji Percepat Masa Pemulihan

Penyaluran Dana Bantuan Bekerja Sama dengan Bank Jatim

-

SIDOARJO – Pemulihan ribuan warga setelah musibah puting beliung di tiga desa Kecamatan Waru butuh waktu cepat. Karena itu, kemarin pagi (26/11) Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sidoarjo mengundang perwakilan rukun warga (RW) dan pemerintah desa terdampak.

Dalam rapat kemarin, Kepala BPBD Pemkab Sidoarjo Dwijo Prawito lebih dulu mengundang perwakilan dari Desa Tambakrejo. Sebab, desa itu terdampak paling parah. Total rumah yang tersapu puting beliung lebih dari 600 unit. Karena itu, harus ditangani dengan cepat. ”Selanjutny­a, kami undang warga Desa Tambak Sumur dan Tambak Sawah,” katanya.

Setelah rapat, tim pemkab bersama warga langsung melakukan penilaian ke lapangan hari ini (27/11). Tujuannya, data yang diperoleh lebih akurat dan tepat sasaran. Korban yang rumahnya rusak ringan mendapatka­n bantuan maksimal Rp 5 juta. Rusak sedang maksimal Rp 10 juta dan yang rusak berat menerima Rp 20 juta. Pagu yang disiapkan pem- kab mencapai Rp 4 miliar.

Dwijo menuturkan, pihaknya sudah membuat sejumlah kriteria untuk menentukan klasifikas­i apakah rumah rusak ringan, sedang, atau berat. Misalnya, rumah rusak ringan, rumah yang kehilangan genting atau atap. ”Kalau rusak berat, konstruksi bangunanny­a sudah sangat memprihati­nkan,” tutur pejabat kelahiran Surabaya itu.

Sesuai ketentuan pemkab, penyaluran dana bantuan bekerja sama dengan Bank Jatim. Tentu, penyaluran dilakukan setelah penilaian kerusakan rumah selesai. Dia berharap dua hari ke depan penilaian selesai. Bagi warga yang sudah memiliki rekening Bank Jatim, bantuan tinggal disalurkan. Sebaliknya, yang belum akan dibantu membuat rekening.

Berdasar pantauan Jawa Pos di lokasi musibah, hingga kemarin, kondisi korban terdampak angin dahsyat pada Rabu (22/11) masih memprihati­nkan. Warga dengan dibantu petugas gabungan bergotong royong memulihkan rumahrumah terdampak. Juga, masih banyak korban yang tinggal di MI Darussalam sebagai lokasi pengungsia­n. Tidak sedikit di antara mereka adalah balita. Mereka sangat membutuhka­n uluran tangan secepatnya. ( jos/c16/hud)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia