Jawa Pos

Lagi, 14 Anak Dapat Orang Tua Asuh

-

SIDOARJO – Sebanyak 14 anak yang kini berada dalam pengasuhan Unit Pelayanan Teknis Perlindung­an dan Pelayanan Sosial Anak Balita (UPT PPSAB) Sidoarjo tidak lama lagi mendapat orang tua. ’’Penyerahan­nya pada Selasa (besok, Red), 28 November,’’ kata Kepala UPT PPSAB Ilonka Suksmawati kemarin (26/11).

Sampai saat ini, memang hanya 14 calon orang tua angkat (COTA) yang lolos seleksi mengadopsi para bayi. Mereka dinyatakan berhak mengangkat anak yang kurang beruntung tersebut.

Setahun, PPSAB biasanya menyerahka­n bayi dan anak yang telantar atau terbuang itu kepada COTA dalam dua gelombang. Tahun ini penyerahan pertama dilakukan pada Juli lalu. Ketika itu ada 20 anak beruntung yang mendapat COTA.

PPSAB tidak pernah mematok jumlah anak yang akan diserahkan kepada COTA. Semua bergantung pada anak yang ingin diadopsi COTA, juga pada terpenuhin­ya kriteria COTA yang mengajukan diri.

Bagi yang ingin menjadi COTA, pihak PPSAB melakukan seleksi ketat. Ada sederet persyarata­n yang harus dipenuhi. Mulai usia, riwayat pernikahan, hingga kehidupan sosial. Semua itu semata-mata dilakukan agar kehidupan anak angkat dari PPSAB terjamin. Anak yang usianya sudah lebih dari 5 tahun bakal dialihkan dari PPSAB ke panti asuhan.

’’Kami berharap semua anak mendapat COTA,’’ tutur Ilonka. Saat ini ada 40 bayi dan anak yang tinggal di PPSAB. Mereka tumbuh normal dan sehat. (may/c14/c17/pri)

 ??  ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS
FIRMA ZUHDI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia