Jawa Pos

Kapal Pesiar Syariah Singgahi Aceh

-

BANDA ACEH – Kapal pesiar syariah (Islamic Cruise) MV Costa Victoria berlabuh di Sabang. Para penumpangn­ya sebanyak 1.988 orang berasal dari Brasil, Bulgaria, Tiongkok, Kolombia, Inggris, India, Italia, dan Malaysia.

Direktur Pengembang­an Usaha dan Investasi BPKS Sabang Fauzi Umar mengungkap­kan, kapal tersebut juga membawa pelancong asal Peru, Filipina, Rumania, Vietnam, Hungaria, Korea, Kroasia, Austria, Myanmar, Ghana, Ukraina, dan Prancis. ’’Semua wisatawan itu muslim,’’ tegasnya kemarin (27/11).

Dari jumlah tersebut, 980 orang berkunjung ke Banda Aceh. ’’Sebanyak 70 persen di antara nya berasal dari Malaysia. Selebihnya berada di Sabang sekitar 1.200 orang yang terdiri atas kru dan beberapa awak kapal,’’ lanjut Fauzi.

Dia menjelaska­n, para wisatawan itu datang dalam rangka program dakwah sekaligus syiar yang akan disampaika­n Syekh Yusuf, dai dari Amerika. Dia akan memberikan dakwah di Masjid Raya Baiturrahm­an.

Menurut Fauzi, setelah berkunjung ke Banda Aceh, para wisatawan tersebut langsung kembali ke Sabang pukul 16.00 WIB. Selanjutny­a, mereka kembali ke Singapura. ’’Setelah ini, mereka akan kembali ke Singapura pukul 22.00 (tadi malam, Red) dari Pelabuhan Sabang,’’ tuturnya.

Di Masjid Raya Baiturrahm­an, terlihat wisatawan yang berkunjung terdiri atas beragam usia. Ada juga wisatawan yang berkursi roda. ’’ Wow...amazing. Saya baru kali pertama ke Indonesia dan ini langsung ke Aceh,’’ ujar Rosina, wisatawan asal Malaysia. (eno/mai/c17/ami)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia