Jawa Pos

Harry-Markle Naik Pelaminan Tahun Depan

Berlian Botswana untuk Tunangan

-

LONDON – Pangeran Harry segera melepas masa lajangnya. Tahun depan dia akan menikahi sang kekasih, Meghan Markle. Pengumuman itu disampaika­n Clarence House, kediaman resmi Pangeran Charles, kemarin (27/11). Beberapa jam kemudian, Harry mengonfirm­asi kebenaran kabar gembira tersebut bersama sang tunangan.

Saat muncul berdua di hadapan media yang menanti mereka di Kensington Palace menjelang sore kemarin, status Harry dan Markle adalah tunangan. Awal bulan lalu, diam-diam dua sejoli beda benua itu bertunanga­n di Kota London, Inggris. Pertunanga­n itu hanya dihadiri keluarga dan orang-orang dekat mereka. Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, kabarnya, juga hadir dan memberikan restu kepada mereka.

’’Sangat senang,’’ kata Harry, lantas tersenyum. Hanya kata itulah yang terlontar dari mulut pangeran 33 tahun tersebut dalam jumpa pers pertamanya setelah bertunanga­n dengan Markle.

Penampilan Harry dan Markle kemarin melengkapi pengumuman tentang pertunanga­n serta rencana pernikahan mereka pada musim semi mendatang. Dalam sesi pe- motretan tersebut, cincin tunangan Markle juga menjadi perhatian media. Di jari manis artis Amerika Serikat (AS) itu melingkar cincin bertatah tiga batu mulia.

’’Salah satu batu mulia tersebut berasal dari Bostwana. Di negara itulah mereka menghabisk­an liburan berdua beberapa waktu lalu. Dua berlian lainnya merupakan bagian dari koleksi pribadi (ibunya) mendiang Lady Di,’’ cuit Chris Ship, editor ITV News, yang sudah bertahun-tahun menjadi jurnalis Kerajaan Inggris.

Sebenarnya, ketika sang ibunda meninggal, Harry menyimpan cincin pertunanga­n sang ibu, Lady Diana. Sementara itu, William memilih jam tangan kesayangan ibunya. Namun, karena William bertunanga­n lebih dulu, cincin yang disimpan Harry diberikan kepada sang kakak. Kini saat dirinya bertunanga­n, Harry menggunaka­n dua berlian yang diambil dari perhiasan sang ibu.

Berbagai reaksi bermuncula­n. Sebagian besar menyampaik­an ucapan turut berbahagia. gia. ’’Ratu dan Duke of Edinnburgh (Philip) berbahagia ia untuk pasangan Harry dan an Markle dan mendoakan n yang terbaik untuk me- e- reka,’’ terang juru bicara Buckingham Palace kemarin.

Saat ini Harry menempati urutan keenam, jika anak ketiga William dan Kate lahir, dalam daftar ahli waris takhta Inggris. Berdasar aturan baku yang berlaku sampai 2015, Harry bakal kehilangan haknya untuk bertakhta sebagai raja karena menikahi Markle yang seorang Katolik.

Markle yang dikenal sebagai artis di Negeri Paman Sam memang tidak tenar di Inggris. Serial drama televisi Suits yang melambungk­an namanya di AS juga tidak dikenal publik Inggris. Namun, sejak menjalin kasih dengan Harry, duta internasio­nal yayasan amal anak-anak, World Vision, itu menjadi sosok yang populer di Inggris.

Pernikahan tersebut bakal menjadi yang kedua bagi Markle. Sebelumnya, dia menikah dengan aktor sekaligus produser AS Trevor Engelson. Ketika bertemu dengan Harry, Markle sudah menjanda selama tiga tahun. (AP/Reuters/

BBC/hep/c5/any)

 ??  ?? SUPERHAPPY: Pangeran Harry dan Meghan Markle menemui media di Sunken Garden, Kensington Palace kemarin.
SUPERHAPPY: Pangeran Harry dan Meghan Markle menemui media di Sunken Garden, Kensington Palace kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia