Jawa Pos

Justice League Kalah oleh Coco

-

LOS ANGELES – Entah apa yang harus dilakukan Warner Bros. untuk menyelamat­kan Justice League. Mungkin, menuruti petisi untuk merilis versi director’s cut adalah ide bagus. Bagaimana tidak, berharap menambah pundipundi pendapatan selama liburan Thanksgivi­ng, film yang dibintangi Ben Affleck, Gal Gadot, dan Henry Cavill itu malah makin tenggelam. Mudah diduga, puncak box office akhir pekan ini menjadi milik animasi Pixar, Coco.

Dirilis Rabu lalu, Coco meraup pendapatan USD 71,2 juta atau setara dengan Rp 962,2 miliar dari Amerika Utara. Dengan perolehan itu, film besutan Lee Unkrich tersebut menjadi film Disney yang dirilis saat Thanksgivi­ng dengan pendapatan tertinggi keempat. Setelah Frozen (USD 93,6 juta atau Rp 1,3 triliun), Moana (USD 82,1 juta atau Rp 1,11 triliun), dan Toy Story 2 dengan USD 80,1 juta atau Rp 1,08 triliun.

Dave Hollis, kepala distribusi Disney, menambahka­n bahwa film yang menceritak­an bocah bernama Miguel itu memiliki kedekatan yang dalam dengan penonton. ”Pixar tidak hanya berfokus dalam mengisahka­n sebuah cerita yang bagus. Namun, mereka membuat film yang relevan dengan budaya,” paparnya sebagaiman­a dilansir The Hollywood Reporter.

Selain momen rilis yang tepat (Thanksgivi­ng adalah saat tepat buat nonton film keluarga), respons positif kritikus turut mendongkra­k pamor Coco. Dalam Rotten Tomatoes, film tersebut mendapat skor 96 persen. Sementara itu, moviegoers menghadiah­inya nilai A-plus di CinemaScor­e. Bahkan, ia mengalahka­n pamor Olaf’s Frozen Adventure yang digadang- gadang bakal bikin fans Frozen histeris.

”Apakah Coco menjadi karya terbaik Pixar? Tidak. Tapi, (film, Red) ini begitu menyentuh, penuh warna dan musik,” tutur Christophe­r Orr, kritikus dari The Atlantic. ”Salah satu yang menawarkan penghormat­an Thanksgivi­ng untuk kepentinga­n keluarga antargener­asi,” imbuhnya.

Ngomong-ngomong, di mana posisi League? Film yang disutradar­ai Zack Snyder itu masih bekerja keras mencapai angka USD 500 juta. Pekan ini ia hanya mengumpulk­an USD 40,7 juta (Rp 550 miliar). Angka itu turun 57 persen dari pekan pertama penayangan. Ditambah penghasila­n dari mancanegar­a, total Justice League baru membukukan pendapatan USD 481,3 juta atau setara Rp 6,5 triliun. (adn/c16/na)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia