Jawa Pos

Kelas I-II Pakai TK, Kelas III Ujian di Perpustaka­an

-

JEMBER – Ujian tengah semester (UTS) di SDN Gugut 1, Rambipuji, berjalan lancar mesk i dilaksanak­an di tengah keterbatas­an karena tiga ruang kelas sekolah itu ambrol. ”Pelaksanaa­n sesuai dengan pengaturan dan kesepakata­n sebelumnya,” kata Kepala SDN Gugut 1 Teguh Santoso kepada Jawa Pos Radar Jember kemarin.

Dia menjelaska­n bahwa sekolahnya meminjam ruang kelas TK Tempel yang tak jauh dari lokasi. Yang menjalani ujian di TK Tempel adalah siswa kelas I dan II. Sementara itu, UTS untuk kelas III dilaksanak­an di perpustaka­an.

”Kelas IV–VI, yang ruang kelasnya ambrol, menggunaka­n ruang kelas I–III,” tutur Teguh. Dengan demikian, pelaksanaa­n ujian kemarin sesuai rencana.

Namun, menurut dia, pasca ujianlah yang harus dipikirkan bersama. Sebab, tentu tidak mungkin pihaknya terus-terusan meminjam ruangan TK yang juga dimanfaatk­an untuk kegiatan belajarmen­gajar. ”Sementara untuk murid TK, jam belajar dikurangi. Sebab, pada pukul 09.00 ruangan sudah digunakan untuk ujian,” papar Teguh.

Terkait dengan atap kelas yang ambrol di SDN Gugut 1, Teguh menerangka­n bahwa sejauh ini sudah dilakukan pembersiha­n. Pihaknya mendapat bantuan dari muspika dan aparat Kecamatan Rambipuji. Mereka bahu-membahu menurunkan genting teras gedung yang ambruk. Mereka khawatir genting itu jatuh kapan saja dan membahayak­an penghuni sekolah.

”Sebenarnya ingin meminta bantuan masyarakat sekitar. Tetapi, kalau pagi, sulit mengumpulk­an masyarakat karena mereka masih bekerja semua,” jelasnya. Pembersiha­n tersebut memang memerlukan bantuan tenaga dari sejumlah pihak agar cepat selesai. (ram/jum/hdi/c11/diq)

 ?? JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER ?? NUMPANG RUANGAN: Puluhan siswa kelas II harus menempati ruangan TK Pertiwi yang berdekatan dengan SDN Gugut 1 karena kelasnya digunakan untuk ujian kelas V.
JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER NUMPANG RUANGAN: Puluhan siswa kelas II harus menempati ruangan TK Pertiwi yang berdekatan dengan SDN Gugut 1 karena kelasnya digunakan untuk ujian kelas V.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia