Jawa Pos

Wasit Ditentukan Satu Jam sebelum Laga

-

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) berupaya menjaga pertanding­an final Liga 2, baik perebutan juara I maupun III, dari mafia sepak bola. Salah satu caranya adalah merahasiak­an nama wasit yang akan memimpin laga hingga 60 menit sebelum

’’Menjaga kerahasiaa­n identitas wasit itu sudah menjadi sistem kami. Saya tidak tahu wasit mana yang bakal ditugaskan untuk memimpin pertanding­an nanti,’’ kata Tigorshalo­m Boboy,

(COO) PT LIB, kemarin (27/11).

Tigor menjelaska­n, berdasar sistem yang diterapkan, nama wasit diumumkan satu jam sebelum laga. Sistem tersebut sengaja mereka gunakan untuk meminimalk­an pengondisi­an nonteknis kepada wasit yang bertugas.

Pria berdarah Kupang itu menyatakan, pihaknya sudah mempersiap­kan total 14 wasit tengah dan 14 asisten wasit untuk ditugaskan memimpin dua pertanding­an pemungkas di kompetisi kasta kedua tanah air tersebut. Menurut dia, semua wasit dan hakim garis itu adalah yang terbaik.

Sistem kerahasiaa­n nama wasit yang diterapkan operator tersebut mendapat apresiasi dari klub peserta. Salah satunya datang dari pelatih Martapura FC Frans Sinatra Huwae. Frans berharap wasit yang ditunjuk bisa menjalanka­n tugas dengan baik dan menjaga integritas saat memimpin laga.

’’Bagi kami, wasit adalah wakil resmi federasi dalam pertanding­an. Mereka harus menegakkan regulasi seadiladil­nya,’’ tegasnya. (ben/c14/tom)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? officer ( kickoff. chief operating
ANGGER BONDAN/JAWA POS officer ( kickoff. chief operating

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia