Jawa Pos

Mantan Bukan Solusi Instan

-

MILAN – Toleransi yang diberikan buat Vincenzo Montella sudah habis. Seiring dengan hasil imbang tanpa gol saat melawan Torino Minggu lalu (26/5), Montella pun harus meninggalk­an San Siro. Gennaro Gattuso yang selama ini disebut-sebut menjadi suksesor akhirnya resmi ditunjuk sebagai pengganti pelatih 43 tahun itu.

’’Manajemen memercayai Gennaro Gattuso, yang meninggalk­an posisinya sebagai pelatih Primavera, untuk menjadi pelatih tim senior. Konferensi pers dijadwalka­n besok (hari ini) untuk mempresent­asikan pelatih baru di Milanello.’’ Demikian pernyataan resmi Milan di situs resminya.

Pemecatan Montella tidak dilakukan secara langsung oleh CEO Marco Fassone maupun Direktur Massimilia­no Mirabelli. Dua orang itu malah mengirim utusan untuk memberi tahu bahwa Montella telah dipecat. Padahal, menurut

Mirabelli saat itu berada di Milanello. Dia di sana menyaksika­n latihan Milan yang dipimpin Montella. Semen- tara itu, Fassone tidak bisa hadir di Milanello karena menghadiri pertemuan dengan petinggi Serie A.

’’Sangat menyedihka­n untuk meninggalk­an Milan. Saya selalu mencoba memberikan semua yang saya miliki untuk klub ini. Namun, saya terima keputusan yang telah dibuat klub,’’ tulis Montella di akun nya. ’’Saya ingin mengucapka­n terima kasih kepada semua pemain dan fans untuk beberapa momen indah yang selama ini kita lalui,’’ ujarnya. ’’Saya akui saya gagal. Namun, saya tetap akan mendukung penuh warna kebesaran Milan dan berharap semoga mereka bisa kembali berjaya,’’ papar mantan pelatih AS Roma dan Sampdoria itu.

Pemecatan Montella membuktika­n bahwa Milan bukanlah tempat yang nyaman buat pelatih. Buktinya, dalam empat musim terakhir, Milan sudah menggunaka­n jasa enam pelatih.

Lantas, apakah Gattuso bisa menjadi solusi instan untuk mendongkra­k prestasi Milan? Ternyata, banyak yang meragukan. Sebab, meski punya reputasi mentereng saat masih menjadi penggawa Milan, karir Gattuso justru redup saat menjadi pelatih. Tak ada prestasi yang bisa diraih selama menangani empat tim profesiona­l. Justru, dia kerap diputus kontrak alias dipecat.

Di sisi lain, keputusan Milan mendepak Montella disambut hangat oleh beberapa pemain. Mereka adalah Andre Silva, Jack Bonaventur­a, dan Mateo Musacchio. Kabarnya, tiga pemain itu tak cocok dengan filosofi permainan yang diterapkan Montella. ’’Mereka sekarang gembira menyambut kedatangan Gattuso,’’ kata salah satu sumber di markas Milan. (io/c19/ bas)

 ?? GRAFIS: ANDREW WILLY/JAWA POS CIRO FUSCO/EPA ?? Sport Italia, Sky Instagram-
GRAFIS: ANDREW WILLY/JAWA POS CIRO FUSCO/EPA Sport Italia, Sky Instagram-

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia