Jawa Pos

Calvin Senang Belajar via YouTube

Peraih Medali Perak IMSO 2017

-

SURABAYA – Prestasi di bidang ilmu pengetahua­n alam (IPA) berhasil dicetak Calvin Shevchenko. Siswa SD Bright Kiddie tersebut meraih medali perak dalam 14th Internatio­nal Mathematic­s and Science Olympiad (IMSO) 2017 di Singapura pada 20–24 November.

Disambut dengan rangkaian bunga melati, Calvin semringah saat memasuki pelataran sekolah kemarin (27/11). Pagi itu satu per satu teman yang menunggu menyalami Calvin. Memberikan ucapan selamat atas prestasi yang baru saja dia torehkan.

Calvin lantas menuju lantai 4 untuk tampil dalam talk show. Dia berbagi pengalaman selama lomba. ”Capek sebenarnya. Tapi, karena sudah suka di bidang IPA, jadinya bersemanga­t,” tutur bocah 11 tahun itu.

Ya, untuk melaju ke Singapura, Calvin dan delegasi Indonesia lainnya harus berlatih keras. Proses latihan butuh waktu berjam-jam. Untuk jadwal latihan sehari, misalnya, Calvin menjalanin­ya pada pukul 08.00–18.00 WIB. Latihan rutin dan panjang tersebut dilakukan berulang-ulang selama beberapa minggu.

Bekal yang matang itu membuat dia siap menghadapi setiap tantangan dalam lomba. Termasuk dapat bersaing dengan 21 negara yang ikut dalam kompetisi tersebut. ”Meski belum memperoleh emas, saya tetap senang,” ucap siswa kelas VI-B itu.

Ada dua kategori yang dikompetis­ikan di IMSO. Yakni matematika dan IPA. Putra kedua pasangan Eka Surya H.-Margaretha Novianty itu mengerjaka­n tiga jenis soal. Yakni soal pilihan ganda, soal uraian, dan soal eksperimen.

Saat ditanya mengenai tip belajar, bocah yang ingin menjadi fisikawan itu mengaku tak punya tip khusus. Sebab, dia belajar secara mengalir. Otodidak. Dia belajar di banyak media. ”Saya sering melihat cara pemecahan soal di tuturnya. Menurut dia, belajar dengan media yang menyediaka­n jutaan video itu lebih seru. Juga, materi bisa lebih mudah dimengerti.

Kepala SD Bright Kiddie Endang Juliatin mengungkap­kan, kemenangan tersebut membawa pengaruh positif. ”Sebelum bertanding, sekolah memberikan bimbingan intensif,” tuturnya. (elo/c11/nda)

 ??  ??
 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? YouTube,”
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS YouTube,”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia