Jawa Pos

Dulu Sumpek, Kini Kamar Ber-AC

Anak dengan HIV/AIDS Tempati Rumah Baru

-

SOLO – Virus mematikan yang menggerogo­ti tubuh belasan anak ini tidak bisa menghalang­i keceriaan mereka. Apalagi setelah mendapat kado istimewa berupa tempat tinggal baru yang jauh lebih layak daripada sebelumnya.

Berkali-kali pindah lokasi penampunga­n, mulai kemarin (6/12), anak-anak yang dirawat di Yayasan Lentera Surakarta itu bisa menetap dan beraktivit­as dengan nyaman di Kompleks Taman Makam Pahlawan Kusuma Bakti, Pucangsawi­t, Jebres, kemarin (6/12). ’’Senang. Rumahnya bagus. Kamarnya bagus,’’ jelas Gadis (nama samaran) kepada Jawa Pos Radar Solo.

Pada acara seremonial yang dihadiri Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, bocah yang berumur 11 tahun tersebut bersama teman-temannya menjelajah setiap sudut ruangan.

Begitu anak tertua Yayasan Lentera itu masuk kamar tidur, senyumnya mengembang. ’’Kamarnya bagus, warna-warni. Ada AC-nya juga,’’ ujarnya polos.

Rasa penasaran belum hilang. Gadis kemudian mendekati kasur. Setiap anak mendapatka­n jatah satu tempat tidur. Itu menjadi kado istimewa. Sebab, sebelumnya, mereka harus berdesakan di satu kasur.

Wali Kota Rudy menuturkan, hunian bagi anak penderita HIV/ AIDS menjadi yang pertama di Indonesia. Dia berharap bisa memberikan kebahagiaa­n, rasa aman, dan nyaman. Rudy menjamin mereka akan mendapatka­n perlakuan lebih baik. ’’Terima kasih untuk Presiden Direktur Lottemart Yosep V. Buntaran yang bersinergi dengan pemkot dan Kementeria­n Sosial dalam merealisas­ikan rumah ini,’’ ungkap wali kota. (ves/wa/c20/ami)

 ?? DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO/JPG ?? WARNA-WARNI: Dua ADHA (anak dengan HIV/AIDS) tengah memasuki kamar barunya di Shelter Penanganan ADHA Kota Surakarta di kawasan TMP Kusumabakt­i, Jurug, Surakarta.
DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO/JPG WARNA-WARNI: Dua ADHA (anak dengan HIV/AIDS) tengah memasuki kamar barunya di Shelter Penanganan ADHA Kota Surakarta di kawasan TMP Kusumabakt­i, Jurug, Surakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia