Jawa Pos

BCA Topang Modal Warung Binaan Alfamart

-

SINERGI pelaku usaha makro dan mikro akan mendorong laju perekonomi­an ke arah yang lebih positif. Beragam jalinan kerja sama pun terus diciptakan untuk memperluas cakupan pendanaan yang merata dan berkeadila­n.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama beberapa perbankan nasional membuktika­n komitmenny­a dalam mendukung program pemberdaya­an warung binaan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart). Kesepakata­n tersebut merupakan wujud kepedulian, sekaligus keberpihak­an retail modern dan perbankan dalam pemberdaya­an warung.

Salah satu wujud nyata program tersebut adalah penyerahan bantuan modal dan perbankan kepada warung binaan Alfamart di Kantor Pusat Alfamart, Tangerang. Executive Vice President BCA Liston Nainggolan secara simbolis menyerahka­n bantuan modal disaksikan oleh Menteri Perdaganga­n (Mendag) Enggartias­to Lukita di Tangerang.

Mendag Enggar menjelaska­n bahwa retail modern dan perbankan harus bahu-membahu menopang pertumbuha­n warung sebagai bagian dari kebijakan pemerintah mengembang­kan sektor retail, baik modern maupun tradisiona­l ( warung). Enggar mengungkap kan berdasarka­n data Nielsen Indonesia pada 2014 terdapat lebih dari tiga juta warung yang harus mendapat perhatian serius dari seluruh pemangku kepentinga­n.

Senada dengan Enggar, Liston menyampaik­an bahwa sebagai bank andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomi­an Indonesia, BCA tak pernah berhenti menawarkan beragam solusi perbankan. ’’BCA menjawab kebutuhan finansial nasabah dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, BCA mendukung program kemitraan antara warung tradisiona­l dengan retail modern yang digagas oleh Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO),” kata Liston.

Setelah memberikan dukungan kepada warung binaan Indogrosir, kali ini BCA menyerahka­n secara simbolis bantuan modal usaha Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 25 juta kepada dua debitur warung tradisiona­l binaan Alfamart. ’’Kami berharap bantuan modal tersebut dapat dipergunak­an semaksimal mungkin untuk meningkatk­an kapasitas usaha para pedagang,” terang Liston.

Menyambut baik kerja sama yang terjalin, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Roy Mandey mengaku mendukung program kemitraan antara retail modern, perbankan, dan warung tradisiona­l yang dicanangka­n Kementeria­n Perdaganga­n RI. ’’Dengan dukungan berbagai pihak, tentunya akan lebih banyak warung tradisiona­l yang bisa dirangkul melalui program kemitraan ini. Lebih dari itu, kami berharap program ini tidak hanya menjadi besar, tetapi juga berkelanju­tan,” ujar Roy Mandey. (xav)

 ??  ?? WUJUD KEPEDULIAN: Executive Vice President BCA Liston Nainggolan (kiri) secara simbolis menyerahka­n bantuan modal kepada salah satu warung binaan Alfamart disaksikan Menteri Perdaganga­n Enggartias­to Lukita (dua dari kanan) di Tangerang, Sabtu (17/11).
WUJUD KEPEDULIAN: Executive Vice President BCA Liston Nainggolan (kiri) secara simbolis menyerahka­n bantuan modal kepada salah satu warung binaan Alfamart disaksikan Menteri Perdaganga­n Enggartias­to Lukita (dua dari kanan) di Tangerang, Sabtu (17/11).
 ??  ?? DUKUNG PENUH: BCA menyerahka­n secara simbolis bantuan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 25 juta kepada dua debitor warung tradisiona­l binaan Alfamart.
DUKUNG PENUH: BCA menyerahka­n secara simbolis bantuan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 25 juta kepada dua debitor warung tradisiona­l binaan Alfamart.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia