Jawa Pos

End User Siap Masuki Pasar

-

SURABAYA – Pengembang lebih percaya diri dalam menghadapi kondisi pereko nomian tahun depan. Sebab, pasar diproyek sikan mulai bergerak sejalan dengan masuknya end user ke pasar properti.

Direktur Marketing Pakuwon Group Sutandi Purnomosid­i optimistis terhadap perekonomi­an tahun depan dengan mengacu pada kondisi tahun ini. Kebijakan penurunan suku bunga hingga naiknya aliran modal asing yang masuk menjadi peluang. ”Properti masih jadi pilihan investasi safe haven,” katanya di Surabaya kemarin (8/12).

Tahun politik 2018 juga bisa menjadi pendorong pertumbuha­n perekonomi­an karena perputaran uang meningkat. ” Yang membuat kami confident, salah satunya, melihat tingkat kedewasaan berpolitik masyarakat,” tambah Sutandi. Kekhawatir­an penurunan daya beli dinilai juga tidak terjadi. Sebab, dana pihak ketiga di perbankan justru meningkat.

”Jadi, 2018 pasar akan bergerak karena end user mulai masuk,” tambahnya. Pakuwon Group menyelengg­arakan Pakuwon Group Year End Property Festival yang diikuti seluruh proyek. Mulai produk landed house, apartemen, hingga perkantora­n. ”Kami yakin penjualan tahun ini bisa mencapai target,” tandas Sutandi.

General Manager Keuangan Pakuwon Group Fenny menambahka­n, hingga Oktober lalu pihaknya telah membukukan marketing sales sebesar Rp 2,040 triliun atau 80 persen dari target Rp 2,6 triliun. Periode yang sama tahun sebelumnya mencatat pertumbuha­n 15 persen dengan capaian Oktober sekitar Rp 1,7 triliun.

Sisa target tahun ini akan dikebut. ”Hampir 70 persen disumbang dari apartemen. Sisanya, 25 persen landed house dan 5 persen office,” sebutnya. Pakuwon memproyeks­ikan marketing sales bisa tumbuh sekitar 10 persen tahun depan. ”Secara angka, kisarannya masih di bawah Rp 3 triliun,” imbuh Fenny. (res/c11/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia