Jawa Pos

Tambah Plafon KUR Rp 13,4 T

Tetap Fokus Penyaluran untuk Sektor Produksi

-

JAKARTA – Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) punya keleluasaa­n untuk mengatasi masalah pembiayaan. Pemerintah akan menambah plafon kredit usaha rakyat (KUR) dari Rp 106,6 triliun menjadi Rp 120 triliun pada tahun depan, naik Rp 13,4 triliun.

Selain itu, pemerintah memastikan besaran bunga KUR pada 2018 sebesar 7 persen. Tahun ini bunga KUR dipatok pada angka 9 persen. Penurunan tersebut tentu bisa meringanka­n pelaku usaha.

Menko Perekonomi­an Darmin Nasution menuturkan, ada kenaikan besaran subsidi bunga KUR untuk setiap skema KUR tahun depan. ’’KUR mikro naik 1 persen, dari 9,5 persen menjadi 10,5 persen. KUR ritel juga naik 1 persen, dari 4,5 persen menjadi 5,5 persen,’’ papar Darmin saat memimpin rapat koordinasi evaluasi penyaluran KUR di kantornya kemarin (8/12). Selanjutny­a, KUR penempatan TKI naik 2 persen, dari 12 persen menjadi 14 persen.

Mantan gubernur Bank Indonesia (BI) itu menjelaska­n, target minimal penyaluran KUR di sektor produksi sebesar 50 persen dari total penyaluran KUR. Sebagaiman­a tahun-tahun sebelumnya, pemerintah berfokus mendorong penyaluran KUR untuk sektor produksi. Yakni, meliputi sektor pertanian, perikanan, industri, konstruksi, dan jasa-jasa.

Sementara itu, realisasi penyaluran KUR pada sektor produksi juga menunjukka­n kenaikan. Untuk sektor produksi, termasuk sektor jasa, naik dari 33 persen pada Desember 2016 menjadi 44 persen pada November 2017. Adapun sektor produksi tanpa sektor jasa meningkat dari 22 persen pada Desember 2016 menjadi 31,5 persen pada November 2017.

Untuk itu, Darmin berpesan agar Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM dan penyalur KUR perlu secara rutin duduk bersama membahas persoalan-persoalan di lapangan. Khususnya terkait pembayaran subsidi imbal jasa penjaminan (IJP) dan subsisi bunga KUR. ’’Kita perlu mengidenti­fikasi dengan baik persoalanp­ersoalan di lapangan. Mulai solusi agar pencairan subsidi lebih cepat hingga persoalan sistem. Ini penting dilakukan agar permasalah­an yang sama tidak berulang,’’ tandasnya.

Sementara itu, hingga 30 November 2017, realisasi penyaluran KUR mencapai Rp 91,3 triliun. Itu berarti dari target Rp 106,6 triliun pada 2017 sudah tersalurka­n 85,6 persen. ( ken/c4/fal)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia