Jawa Pos

Sulit Hindari Selip

-

MADRID – Lupakan dahulu ambisi memangkas jarak dengan Barcelona. Faktanya, Real Madrid memang masih tertinggal delapan poin oleh rival klasiknya tersebut. Fokus utama Real malam nanti ialah meng hindari selip saat menjamu Sevilla.

Mengapa itu harus dihindari? Sela in agar Barca tidak semakin jauh, kekalahan oleh Sevilla juga berpotensi menu run kan posisi Real. Sebab, Real dan Sevilla sama-sama mengoleksi 28 poin. Dan, posisi Sevilla persis di bawah Real atau di peringkat kelima.

Persoalann­ya, Real tidak punya komposisi yang ideal untuk membungkam Sevilla. Sejumlah pemain kunci di lini pertahanan harus menepi. Dani Carvajal, Sergio Ramos, dan Casemiro terkena hukuman kartu. Kemudian, Raphael Varane masih dibekap cedera. Kondisi bek lainnya, Jesus Vallejo, masih teka-teki.

Begitu krisisnya area pertahanan, Real Zinedine Zidane sampai mempersiap­kan beberapa opsi. Di antaranya, menarik pemain Real Castilla ke tim utama, atau memasang Marcos Llorente di sektor pertahanan.

Zidane setelah menang 3-2 atas Borussia Dortmund pada Kamis lalu (7/12) menyatakan bahwa Llorente punya kemampuan bertahan yang cukup baik. ’’Dia (Marcos Llorente, Red) tahu soal posisi (bertahan) itu karena dia memang pernah menjalanka­n peran tersebut di (Real) Castilla. Jadi, kita lihat saja,’’ ucap Zidane sebagaiman­a ditulis Opsi lainnya, lanjut Zidane, menarik Manu Hernando dari Real Castilla ke tim utama.

Real memang punya catatan positif. Dalam lima pertemuan terakhir melawan Sevilla di Santiago Bernabeu, Los Merengues –sebutan Real– selalu meraih kemenangan. Namun, situasinya bisa berbalik malam nanti.

’’Mereka adalah tim Liga Champions yang mengalami musim luar biasa. Ini akan menjadi pertanding­an yang sangat sulit karena kami berjumpa dengan tim apik,’’ ujarnya. Sevilla yang musim ini ditangani Eduardo ’’Toto’ Berizzo memang bisa menjadi pengganjal laju Real. Musim lalu, saat menjadi pelatih Celta Vigo, Berizzo sukses menyingkir­kan Real di perempat final Copa del Rey. Real kalah 1-2 di Bernabeu pada 18 Januari. Kemudian, mereka bermain imbang 2-2 di kandang Celta, Stadion Balaidos, pada 25 Januari. Meski dilanda krisis pemain, Zidane tetap yakin. Apalagi, gairah Cristiano Ronaldo yang baru saja meraih Ballon d’Or 2017 tengah meletup. ’’Setelah apa yang dicapainya sejauh ini, tidak perlu diperdebat­kan kalau dia memang yang terbaik di klub dan dunia,’’ katanya. (dra/c4/bas)

 ?? PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP PHOTO FRANCK FAUGERE/AFP PHOTO ?? entrenador AS. AS. France Football
PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP PHOTO FRANCK FAUGERE/AFP PHOTO entrenador AS. AS. France Football

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia