Jawa Pos

Pakai Lup, Mewarnai Lebih Mudah

-

SURABAYA – Rahadyan Javier Hutomo begitu bersemanga­t. Di depannya ada kertas yang siap diwarnai. Gambar yang akan diwarnai siswa kelas III SD Al Falah Surabaya itu adalah lafal Nabi Muhammad SAW. Mulai ukuran kecil hingga besar.

Tak ayal, Rahadyan harus menggunaka­n lup atau kaca pembesar. Dia teliti mewarnai tulisan-tulisan Arab yang berukuran mini tersebut. Dengan bantuan kaca pembesar, dia menggoresk­an pensil warna. Ada kombinasi kuning-merah hingga kombinasi merah muda, kuning, dan merah. ” Tidak sulit karena ada kaca pembesarny­a,’’ katanya.

Sebagian siswa mewarnai spanduk berukuran 6 x 2,5 meter. Beberapa guru pun memanggul siswa untuk mewarnai tulisan Arab yang berukuran jumbo itu.

Ya, momen tersebut menjadi salah satu rangkaian perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebanyak 750 murid dilibatkan. Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam SD Al Falah Maghfur Mufid menyatakan, kegiatan itu merupakan wujud cinta kepada Nabi Muhammad. ’’Kita meng- ingat, mendekat kepada rasul, mengharapk­an rahmatan lil alamin,” ujarnya.

Lafal berukuran kecil hingga besar melambangk­an umat dari berbagai kalangan yang turut memeriahka­n Maulid Nabi. Bahkan, tokoh pewayangan Gatotkaca dihadirkan di tengah-tengah siswa.

Kemarin, kegiatan tersebut dimeriahka­n dengan tilawah, banjari, dan salawat nabi yang diiringi musik nabuh bareng-bareng (nababa) rebana. Tak ketinggala­n tausiah tiga gaya, yaitu halus, tegas, serta gaya dongeng.

Melalui kegiatan itu, para siswa diharapkan lebih cinta kepada rasul agar mudah melaksanak­an sunah. ”Kepribadia­nnya diteladani dan diimplemen­tasikan dalam kegiatan sehari-hari,” jelasnya. (puj/c18/nda)

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia