Jawa Pos

Ajak Masyarakat Ikut Lawan Korupsi

-

SURABAYA – Memperinga­ti hari antikorups­i internasio­nal (HAKI) 2017, Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya mengajak masyarakat untuk peduli dengan isu-isu korupsi. Salah satunya, ikut menyebarka­n semangat antikorups­i.

Seluruh jaksa dan petugas di Kejari Surabaya turun ke jalan kemarin (8/12). Mereka membawa dan membagikan pin serta stiker bertajuk antikorups­i kepada pengguna jalan. Mereka juga memberikan imbauan agar menjauhi korupsi. ”Ayo lawan korupsi,” ujar Lila Natolita, staf Kejari Surabaya, saat membagikan stiker di depan kantornya.

”Siap,” sahut salah seorang pengendara mobil, lantas berlalu. Kegiatan tersebut tidak hanya berlangsun­g di depan kantor Kejari Surabaya. Tercatat, ada tiga titik yang dijadikan tempat sosialisas­i oleh Kejari Surabaya. ”Sasaran kami memang masyarakat pengguna jalan,” ujar Kasipidsus Kejari Surabaya Heru Kamarullah.

Dia menjelaska­n, ada dua hal yang menjadi fokus kampanye HAKI tahun ini. Pertama, optimalisa­si penindakan. Meski baru melakukan sepuluh penyidikan perkara korupsi selama tahun ini, Heru menilai kualitas penyidikan meningkat. Malah, penyidikan itu bisa membawa dampak perbaikan aturan yang ada. ”Tidak cuma berantas, tapi juga ada misi perbaikan sistem,” jelasnya.

Kedua, pihaknya bergerak di bidang pencegahan melalui pendidikan kepada masyarakat terkait dengan antikorups­i. Targetnya adalah mengajak masyarakat untuk sama-sama mengawal uang rakyat. Mencegah tindak pidana korupsi dari tempat yang paling dekat. (aji/c25/ano)

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia