Jawa Pos

Akhirnya, Sisa Dana BOS MI Rp 11 Miliar Cair

-

SIDOARJO – Sisa dana bantuan operasiona­l sekolah (BOS) untuk madrasah ibtidaiyah (MI) akhirnya turun. Nilainya mencapai Rp 11 miliar. Selanjutny­a, anggaran itu dibagikan kepada ratusan MI yang tersebar di Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Kantor Kemenag Sidoarjo Achmad Rofi’i menjelaska­n, dana tersebut memang tidak sesuai dengan tuntutan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Sidoarjo yang mencapai Rp 12 miliar. Ada selisih sekitar Rp 900 juta. Sebab, siswa baru belum dihitung. ’’Pada semester II ini kan ada tambahan 3.000 siswa. Nah, itu tidak dihitung dalam anggaran tahun ini,’’ jelasnya.

Rofi’i berharap, pengurus MI bisa menggunaka­n dana tersebut untuk menambal kekurangan atau meningkatk­an kinerja. Dia mengakui, pihaknya mendapat curhatan banyak kepala madrasah dan guru yang terpaksa menggunaka­n dana siswa agar sekolah bisa terus beroperasi. ’’Kami harap dana ini benar membawa manfaat,’’ ungkapnya.

Ketua PC LP Ma’arif NU Sidoarjo Misbahudin mengatakan, bulan lalu LP Ma’arif NU yang membawahka­n 223 MI di Sidoarjo nglurug ke DPR. Sebab, pihaknya menerima BOS tidak sesuai ketentuan. Pada semester I dana BOS yang tersalurka­n hanya Rp 8,27 miliar. Kondisi itu sudah berjalan selama tiga tahun terakhir. Pada 2016 BOS semester II hanya mencapai 72 persen.

’’Kalau lama-kelamaan makin besar yang tidak tersalurka­n, operasiona­l sekolah jelas terganggu,’’ ungkapnya. (bil/c7/hud)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia