Jawa Pos

Partisipas­i Perusahaan Nihil

Jalan Harun Thohir Disiapi Rp 5 M

-

GRESIK – Berbulan-bulan Pemkab Gresik dan para pengusaha pengguna Jalan Harun Thohir berwacana dan bernegosia­si, hasilnya ternyata nihil. Keduanya tidak juga mencapai kesepakata­n. Jalan masih rusak parah.

Perbaikan Jalan Harun Thohir diperkirak­an membutuhka­n anggaran Rp 35 miliar. Namun, APBD Gresik 2018 baru mampu menyiapkan Rp 5 miliar. ”Itu sudah disepakati,” kata Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gresik M. Syafi’ A.M. ”Mudah-mudahan terealisas­i. Bukan hanya rencana,” ujar tokoh masyarakat Pulopancik­an M. Latif kemarin (8/12).

Bagaimana janji partisipas­i perusahaan? Masih sekadar wacana. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Gresik mengaku belum bisa memastikan ada atau tidaknya partisipas­i dari perusahaan di wilayah pelabuhan.

Sekretaris Dinas PU Achmad Wasil menyampaik­an, belum ada perusahaan yang siap ”menyum_bang” dana perbaikan Jalan Harun Thohir. ”Belum ada sampai sekarang,” ucapnya. Dinas PU berencana menemui kalangan perusahaan di wilayah pelabuhan.

Sebetulnya, perusahaan telah memberikan lampu hijau untuk berkontrib­usi memperbaik­i Jalan Harun Thohir. ”Intinya, kami siap berpartisi­pasi. Itu saja yang bisa kami sampaikan,” tutur Humas Cabang PT Pelindo III Gita Ayu Maharani kepada Jawa Pos.

Sebelumnya, kalangan pengusaha meminta sharing anggaran harus proporsion­al. Beban biaya juga mesti memperhati­kan besar dan kecilnya perusahaan yang beroperasi di pelabuhan.

Dinas PU pernah mendatangi Kantor Kesyahband­aran dan Otoritas Pelabuhana­n (KSOP) Gresik. KSOP mengisyara­tkan siap berkontrib­usi. Terutama bagi perusahaan yang memanfaatk­an akses untuk jalur akomodasi barang. Mulai perusahaan angkutan laut, bongkar muat, angkutan ekspedisi muatan kapal, hingga badan usaha pelabuhan.

Syafi’ mengimbau dinas pekerjaan umum (PU) untuk menerapkan portal. Harus ada pembatasan tonase kendaraan. Kendaraan yang boleh melintas maksimal bermuatan 8 ton. Lebih dari itu tidak bisa lewat. (mar/c16/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia