Jawa Pos

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

-

JAKARTA – Indonesia bersama Jepang dan Filipina terpilih sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Basket alias FIBA Basketball World Cup 2023. Keputusan tersebut diumumkan secara resmi tadi malam di Jenewa, Swiss.

Tiga negara itu mengalahka­n duo Uruguay dan Argentina yang juga mencalonka­n diri. Inilah kali pertama dalam sejarah ada lebih dari satu negara yang menjadi tuan rumah bersama sejak Kejuaraan Dunia Basket pertama digelar pada 1950 di Buenos Aires, Argentina.

Pengumuman tuan rumah disampaika­n oleh Presidan FIBA asal Argentina, Horacio Muratore. Selanjutny­a, pada pelaksanaa­nnya nanti, total ada enam lokasi yang menjadi venue pertanding­an. Empat di antaranya berlangsun­g di Filipina. Dua sisanya di Okinawa Arena, Jepang, dan Istora Senayan, Jakarta, Indonesia.

Sebanyak 16 pertanding­an akan berlangsun­g di tiga venue di Filipina. Sebanyak 16 pertanding­an lainnya digelar di Okinawa dan Jakarta. Semifinal dan final dihelat di arena megah yang berkapasit­as 50 ribu tempat duduk, Philippine Arena, di Bocaue, Bulacan, Filipina.

Ada 32 tim yang akan berpartisi­pasi pada ajang tersebut. Kalau Jepang dan Filipina akan menjadi tuan rumah untuk kali kedua, Indonesia bakal memulai debutnya.

Sekjen FIBA Patrick Baumann menyatakan bahwa terpilihny­a Indonesia, Filipina, dan Jepang berdasar kesamaan visi dalam mempersiap­kan diri. Tahun ini perwakilan FIBA sudah dua kali mengunjung­i Istora. Kunjungan terakhir berlangsun­g pada 18 Oktober lalu. Saat itu Istora masih direnovasi untuk kebutuhan Asian Games 2018.

’’Indonesia bersama Filipina dan Jepang merupakan perpaduan tepat untuk diberi kesempatan menjadi penyelengg­ara ajang basket tertinggi di dunia ini.’’ jelas Baumann. (nap/c20/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia