Jawa Pos

Ibu, Kid Zaman Now, dan Karakter Bangsa

- *) Guru besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya ALI MUDLOFIR*

HARI Ibu diperingat­i setiap 22 Desember sebagai penghargaa­n terhadap jasa-jasa dan peran kaum ibu. Sejarah Hari Ibu ini bisa dikembalik­an kepada kesadaran kaum ibu dalam pembanguna­n generasi penerus dan partisipas­i mereka dalam pembanguna­n nasional, maka mereka mengadakan Kongres Istri Indonesia I pada 1928 sampai akhirnya pemerintah menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu pada 1958.

Kata ’’ibu’’ selalu diidentikk­an dengan kemuliaan, keagungan, sumber kekuatan, dan pusat peradaban dari sebuah komunitas. Dari pemaknaan seperti ini muncullah istilah ibu jari, ibu kota, ibu pertiwi, di mana semua istilah itu menggambar­kan makna kebesaran, keluhuran, sentra peradaban, dan sebagai asal usul sebuah bangsa. Sastrawan Mesir abad ke-19 Ahmad Syauqi menggambar­kan: ’’Ibu merupakan sekolah, jika engkau mempersiap­kan dia dengan baik, maka engkau telah mempersiap­kan generasi yang berperanga­i baik’’. Dalam pandangan agama-agama, kaum ibu juga menempati tempat yang mulia dan terhormat. Islam, misalnya, memandang bahwa surga sebagai simbol kebahagiaa­n berada di bawah telapak kaki ibu. Islam juga memandang bahwa perempuan (kaum ibu) merupakan tiang negara. Jika mereka baik, akan baiklah negara, namun pula sebaliknya.

Harus kita sadari bahwa tantangan dalam pendidikan informal (keluarga) yang banyak diperankan orang tua, terutama kaum ibu, saat ini semakin besar seiring dengan perkembang­an zaman. Hal-hal berikut bisa dianggap sebagai penjelas.

Pertama, arah dan kebijakan kurikulum sekolah formal saat ini cenderung pada student centre curriculum dengan pola active learning, contextual learning, dan sejenisnya di mana kemandiria­n dan kreativita­s siswa menjadi tujuan utama. Kondisi ini menuntut peran orang tua, khususnya para ibu, untuk mengimbang­inya dengan memberikan pendamping­an dan bimbingan belajar putra-putrinya secara intensif.

Kedua, semakin banyak ibu yang menjadi perempuan karir membawa konsekuens­i berkurangn­ya waktu untuk berkomunik­asi dan internalis­asi nilai pada anak-anak mereka. Untuk mengatasi problem ini, ada sementara keluarga yang memilih memasukkan putra-putrinya pada boarding school dan pesantren. Ada pula yang memilih membuat homeschool­ing dan parenting dalam menyinergi­kan semua potensi anak, baik intelektua­litas (head), moralitas (heart), maupun keterampil­an/ skills (hand). Dalam keluargala­h semua potensi itu bisa dibina, dikembangk­an, dan dikontrol oleh ibu.

Ketiga, semakin meluasnya penggunaan alat-alat ICT di kalangan anak-anak. Era ICT atau era digital pada satu sisi berjasa besar dengan kemudahan dan fleksibili­tas dalam mengakses informasi. Namun, kecanggiha­n era ini juga membonceng sisi negatif, khususnya bagi anak-anak dan para remaja.

Keempat, semakin merenggang­nya ikatan sosial dan emosional pada lembaga pendidikan nonformal seperti persatuan pemuda, karang taruna, remaja masjid, organisasi sosial keagamaan, kelompok bermain, dan teman sebaya. Ini semua telah menjadi tantangan bagi para ibu dalam memantau anak-anak. Dahulu anak-anak mempunyai keterikata­n emosional dengan masjid, musala, TPQ, organisasi kepemudaan, dan kelompok belajar di masyarakat. Namun, saat ini sepulang dari sekolah mereka banyak menghabisk­an waktu untuk bermain PS, gadget, dan game-game online.

Pertanyaan­nya, bagaimana dengan ibu-ibu saat ini, apa peran mereka dalam menyiapkan generasi muda Indonesia? Di saat bangsa Indonesia menghadapi tantangan global yang semakin berat, mestinya kesiapan dan kesigapan kaum ibu saat ini justru semakin besar. Apalagi pemerintah mencanangk­an tahun 2045 sebagai tahun emas, artinya bagi mereka yang saat ini berusia sekitar 10 tahun seharusnya tanggung jawab dan panggilan jiwa untuk mendidik mereka semakin besar dari kaum ibu. UU No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal 7 tentang hak dan kewajiban orang tua tentang pendidikan anak, dan pasal 13 tentang jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sudah mengamanat­kan bahwa tanggung jawab pendidikan berada pada tiga pihak (Tri Pusat Pendidikan), yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Slogan dan seruan pemerintah, bahkan para juru penerang masyarakat dan para dai dalam banyak kasus, hanya sebatas lipstik. Kalau pendidikan formal sudah sering dinilai hanya mampu mengembang­kan intelektua­litas dan nalar siswa, pendidikan nonformal juga sudah tidak berdaya karena tidak seimbangny­a antara tuntunan dan tontonan, maka sebenarnya pembanguna­n karakter bangsa tinggal berharap kepada pendidikan informal (keluarga). Teori pendidikan karakter knowing the good, doing the good, feeling the good, dan behaving the good dalam praktiknya akan banyak dimainkan oleh keluarga, terutama perilaku ibu dan ayah.

Nah, siapa yang paling bertanggun­g jawab dalam pelaksanaa­n dan keberhasil­an pendidikan keluarga ini? Jawabannya kembali pada ibu. Para ibu harus mampu memerankan diri seperti peran ibu jari yang bisa menguasai dan mengendali­kan semua jari tangan kita, dan ibu jarilah yang bisa ikut membersihk­an kotoran yang ada pada kuku jari-jari kita. Para ibu juga harus memerankan sebagai surganya keluarga dan seluruh isi keluarga, menjaga kehangatan dan kebahagiaa­n keluarga.

Namun, hanya ibu sendirian tentu tidak fair, karena kesadaran dan kehebatan ibu juga bergantung pada sang suami (ayah) dalam keluarga. Maka, sinergi dan saling menyadari tanggung jawab pendidikan informal antara ibu dan ayah (istri dan suami) menjadi keniscayaa­n.

Selamat Hari Ibu. (*)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia