Jawa Pos

Setelah Pukul 16.00 Wajib Bayar

Parkir Berlanggan­an Tak Lagi 24 Jam

-

SIDOARJO – Meski menuai banyak sorotan, pemkab terus melanjutka­n program parkir berlanggan­an. Tahun depan dinas perhubunga­n (dishub) bahkan sudah menyiapkan sejumlah pengembang­an. Mulai pembanguna­n lahan parkir khusus parkir berlanggan­an hingga pembatasan jam kerja juru parkir (jukir).

Kepala UPT Parkir Dishub Fery Prasetyo menuturkan, fasilitas penunjang parkir berlanggan­an dirasa masih kurang. Misalnya, lahan parkir bagi warga yang menjadi peserta program. ’’ Yang ada hanya titik parkir biasa,’’ ucapnya kemarin (23/12).

Dishub sudah mengusulka­n pembanguna­n titik parkir khusus parkir berlanggan­an. Sebagai tahap awal, satu lahan disiapkan di Jalan Gajah Mada. Lokasi tersebut dipilih karena merupakan salah satu sentra bisnis di Kota Delta. Di sisi lain, hingga kini, belum tersedia tempat parkir yang representa­tif di sana. Kendaraan masih diparkir di bahu jalan.

Saat ini dishub sedang mencari lahan yang cocok. Jika lahan yang diharapkan tidak kunjung didapatkan, dishub sudah merancang skema lain. Mereka bakal me- ngusulkan pembanguna­n lahan parkir di atas Sungai Bok Legi dengan menggunaka­n box culvert.

Dishub juga merencanak­an pembatasan jam operasiona­l jukir berlanggan­an. Fery menyatakan, jam kerja jukir selama ini sangat memberatka­n. Yakni, mulai pukul 07.00–22.00. Beban kerja itu tidak sepadan dengan gaji yang diterima senilai Rp 750 ribu per bulan. Ke depan, jam kerja tersebut dipangkas. Jukir akan bekerja pukul 07.00–16.00, sama dengan jam kerja PNS. ’’Setelah pukul 16.00, sistem parkir bukan lagi parkir berlanggan­an,’’ jelasnya.

Meski membatasi program parkir berlanggan­an, dishub tetap mengawasi jukir. Setelah pukul 16.00, jukir akan ditarget pemasukan. ’’Sehingga pemkab tetap mendapatka­n pemasukan,’’ tuturnya.

Pemkab juga berencana menaikkan gaji jukir menjadi Rp 1 juta. Dengan adanya tambahan gaji, jukir diharapkan tidak lagi melakukan tarikan yang notabene liar alias ilegal.

Anggota Komisi B DPRD Sidoarjo Mulyono mengungkap­kan bahwa pemkab harus memperbaik­i sistem parkir berlanggan­an. Dewan, ucap dia, masih mendapatka­n banyak laporan dari warga mengenai tarikan jukir di titik-titik parkir berlanggan­an. ’’ Tarikan liar harus diberantas,’’ ujarnya. (aph/c20/pri)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia