Jawa Pos

30 Persen Bus-Truk Tak Laik Jalan

Kemenhub Minta Kadis Perketat Pengawasan

- (lyn/c17/oki)

– Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi meminta para Kepala Dinas Perhubunga­n (Kadishub) Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur mengawasi bus pariwisata. Terutama bus yang akan digunakan ke tempat pariwisata dengan medan menanjak. Instruksi tersebut diberlakuk­an mulai kemarin.

”Tindak tegas jika ditemukan ada bus pariwisata yang tidak memenuhi persyarata­n laik jalan,” kata Budi.

Direktorat Jenderal Perhubunga­n Darat mengindika­sikan, pada angkutan Natal dan tahun baru kali ini, 30 persen bus dan truk tidak laik jalan. Misalnya saat melakukan ramp

check di Muntilan Km 22 ruas jalan Jogjakarta-Magelang Sabtu lalu (30/12). Menhub menemukan bus pariwisata yang mengangkut wisatawan asal Thailand tidak laik jalan. Turis dari Thailand pun langsung dipindahka­n dengan bus yang disediakan Kemenhub.

Bus yang tidak laik tersebut digunakan untuk mengangkut wisatawan mancanegar­a dari Thailand menuju Candi Borobudur. ”Ada tiga bus yang diperiksa. Dua bus laik jalan dan satu bus tidak laik. Dari dua bus yang laik, ternyata satunya tidak memiliki izin trayek,” ungkapnya.

Kondisi tidak layak jalan itu, antara lain, petugas menemukan ban yang bermasalah. ”Bannya sudah rusak. Kami berusaha menolerans­i. Kita suruh ganti dengan ban cadangan yang mereka punya dan ternyata kondisi ban cadanganny­a juga tidak layak,” ujarnya.

Sanksi yang diberikan adalah bus tersebut dikandangk­an. ”Ada proses hukumnya. Saya minta kepala Dinas Perhubunga­n Magelang untuk tindak lanjuti. Ini menjadi contoh. Berikutnya, kepala dinas perhubunga­n harus lakukan sendiri,” tutur Budi.

Dia menegaskan bahwa kendaraan yang tidak laik jalan tersebut dilarang beroperasi. ”Kita sudah wanti-wanti kepada operator bahwa kendaraan tidak laik tidak boleh beroperasi. Kita minta petugas selalu menjaga,” bebernya.

Sementara itu, Dirjen Perhubunga­n Darat Budi Setiyadi mengungkap­kan, pihaknya telah melakukan langkah strategis, yaitu bekerja sama dengan instansi lain.

”Kami juga melakukan penataan jalan bekerja sama dengan Ditjen Bina Marga Kementeria­n PUPR,” tuturnya.

 ?? ASTA YANUAR/JAWA POS RADAR PONOROGO ?? BOBROK: Sejumlah orang mendorong bus yang mogok di Terminal Seloaji, Ponorogo.
ASTA YANUAR/JAWA POS RADAR PONOROGO BOBROK: Sejumlah orang mendorong bus yang mogok di Terminal Seloaji, Ponorogo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia